Bersih Desa Dan Peringatan HUT RI, Desa Kutu Wetan Gelar Ritual Ruwatan Dan Kegiatan Perlombaan

PONOROGO (kotareyognews.net) - Brebagai kegiatan digelar oleh masyarakat bersana pemerintah Desa Kutu Wetan kecamatan Jetis, kabupaten Ponorogo. Kegiatan tersebut dalam rangka Bersih desa sekaligus peringatan HUT RI ke - 69. Dengan penuh kebersamaan manyarakat tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian yang digelar beberapa hari ini.

Bahkan setiap dusun berlomba-lomba berkreasi menggelar acara yang sangat meriah mulai dari kegiatan Panjat pinang, pentas kesenian gajah-gajahan, kesenian reyog dan puncaknya digelar bersamaan peresian gapura Puhgosong Desa Kutu Wetan yang dilanjutkan kegiatan ritual Ruatan di Balai Desa.

Meskipun rangkaian acara berlangsung beberapa minggu dan dilaksanakan oleh tiap dusun secara swadaya, seluruh masyarakat Kutu Wetan tetap bersemangat ikut meramaikan setiap acara.

Seperti halnya kegiatan yang digelar oleh masyarakat dusun krajan pada, Minggu (14/09/2014) lalu. Acara Bersih Desa yang dipadukan dengan kegiatan Peresmian Gapura Puhgosong, desa Kutu Wetan, kecamatan Jatis kabupaten Ponorogo ini berlangsung sangat meriah. 

Tampak beberapa kesenian mulai dari seni gajah, reyog, dan perlombaan panjat pinang turut menyemarakkan acara tersebut. Tak hayal, terjadi kemacetan di jalur ponorogo-trenggalek karena panonton yang membludak.

Tak hanya itu saja, pada malam harinya bebarengan dengan peresmian gapura Puhgosong masyarakat juga disuguhi hiburan pesta kembang api  dan seni campursari yang medatangkan sekelompok manusia jadi-jadian(waria) yang mengocok perut penonton dengan aksinya.

Sementara itu pada puncak dari rangkaian bersih desa Kutu Wetan, digelar ritual Ruwatan bertempat di balai Desa pada,Selasa (16/09). 

Aroma spiritual sangat terasa sekali dalam kegiatan ruwatan ini. Rituwal ruwatan merupakan budaya waisan leluhur yang bertujuan meminta kepada Tuhan agar kita di jauhkan dari segala balak atau musibah, sehingga apa yang menjadi tujuan terutama Desa menjadi tentram.

Kepala Desa Kutu Wetan Didik Saksono, SH, menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kutu Wetan yang telah mensukseskan semua kegiatan tersebut, mulai dari Peringatan HUT hingga acara Ruwatan di balai desa.

Menurutnya dengan semua kegiatan bersih desa yang di akhiri ruwatan, dirinya berharap seluruh warga masyarakat Desa Kutu Wetan di jauhkan dari balak atau musibah selalu guyub rukun, ayem tentrem, sehingga pemerintahan desa Kutu Wetan bisa berjalan lancar dan sukses.

”Tujuan dari seluruh masyarakat adalah kebersamaan mbangun deso. Semoga kegiatan ini mampu meningkatkan kebersamaan atara seluruh warga, sehingga akan terwujud Desa Kutu Wetan yang ayem tentrem.”terangnya.(warok)