Cerita Sejarah Asal Usul dan Makna Ponorogo

Dokumentasi gedung
pemkab Ponorogo (net)
PONOROGO (kotareyognews.net) - Ponorogo berasal dari dua suku kata yaitu Pramana dan Raga: Pramana yang berarti adalah daya kekuatan, rahasia hidup, permono, wadi. Sedangkan Raga berarti badan, wadak, atau tubuh, atau jasmani.

Kedua kata yang merupakan kata asal dari Ponorogo yang saat ini dipakai di kota reyog tersebut bisa ditafsirkan bahwa dibalik badan atau wadak manusia tersimpan suatu rahasia hidup(wadi). Rahasia hidup tersebut berupa olah batin yang mantap dan mapan yang berkaitan dengan pengendalian sifat-sifat amarah, aluwamah, shufiah dan muthmainah.

Mereka manusia yang memiliki kemampuan olah batin yang mantap dan mapan ini akan mampu menempatkan diri dimanapun dan kapanpun dia berada.
 
Dikutip dari buku sejarah Babad Ponorogo karya Poerwowidjojo (1997). Disana diceritakan, bahwa asal-usul nama Ponorogo tersebut berawal dari kesepakatan dalam musyawarah bersama antara Raden Bathoro Katong, Kyai Ageng Mirah, Patih Selo Aji dan Joyodipo yang konon ceritanya saat itu pada hari Jum'at, bertepatan pada bulan purnama.

Musyawarah yang menghasilkan kesepakatan tersebut bertempat di sebuah tanah lapang yang berada didekat sebuah gumuk (wilayah katongan sekarang). Didalam musyawarah tersebut akhirnya menghasilkan kesepakatan bahwa kota yang akan didirikan akan dijadikan sebuah Kadipaten yang dinamakan “Pramana Raga” dan akhirnya lama-kelamaan  nama Pramana Raga ini berubah menjadi Ponorogo.(warok)

Sumber: babad Ponorogo