Haul Kyai Ageng Muh Besari, Gelar Napak Tilas Tegalsari

PONOROGO (kotareyognews.net) - Memperingati Haul akbar Kyai Ageng Muhammad Besari, Panitia dan para kyai, perangkat desa dan bahkan jajaran muspikapun turut ambil bagian dalam rangka kirap budaya napak tilas Kyai Ageng Muhammad Besari Tegalsari, Jetis, Ponorogo, Sabtu,(06/09) lalu.

Kegiatan kirab napak tilas tersebut merupakan rangkaian peringatan haul Kyai Ageng Muhammad Besari yang dimulai sejak beberapa hari yang lalu.

Dalam kirap kali ini, diberangkatkan dari masjid Setono Jontab, melintasi jalan arah masjid tegalsari yang menempuh jarak sekitar 2,5 km dengan berjalan kaki. Berbagai kalangan turut ambil bagian dalam acara ini. Mulai dari siswa-siswi Madrasah Sanawiyah dan Aliyah Ronggowarsito Tegalsari, Para Kyai, Para Muspika, Kapolsek, Perangkat Desa dan para santri Tegalsari.

Tampak jugaarak-arakan yang diawali drum band dan dibelakang rombongan para santri juga kesenian Onta, dan tak ketinggalan kesenian khas Reyog Ponorogo.

Menurut panitia, acara tersebut untuk mengenang sosok Kyai Besar yaitu Kyai Ageng Muhammad Besari yang merupakan pendiri Pondok Pesantren Gebang Tinatar yang telah melahirkan tokoh-tokoh besar.

Selain itu acara kirab napak tilas tersebut merupakan wahana untuk melestarikan budaya yang bernuansa islami yang ada di Ponorogo.(warok)