Ini Sejarah Ponorogo Menurut Cerita

Potret Gedung pemkab Ponorogo
PONOROGO (kotareyognews.net) - Menurut sejarah Babad Bumi Ponorogo (Purwowidjoyo; 1997), setelah Raden Katong sampai di wilayah Wengker, lalu dia memilih tempat yang dianggap nyaman dan memenuhi syarat untuk pemukiman. Akhirnya dia memilih satu tempat yaitu di dusun Plampitan Kelurahan Setono, Kecamatan Jenangan.

Melalui situasi dan kondisi yang penuh dengan hambatan, tantangan, yang datang silih berganti, Raden Katong, Selo Aji, dan Ki Ageng Mirah beserta pengikutnya terus berupaya mendirikan pemukiman. Sekitar 1482 M, konsulidasi wilayah mulai di lakukan oleh Raden Katong.

Di tahun 1482 - 1486 M, untuk mencapai tujuan, dia terus menegakkan perjuangan dengan menyusun kekuatan, sedikit demi sedikit kesulitan tersebut dapat teratasi. Pendekatan kekeluargaan dengan Ki Ageng Kutu dan seluruh pendukungnya ketika itu mulai membuahkan hasil.

Dengan persiapan dalam rangka merintis mendirikan kadipaten didukung semua pihak, Bathoro Katong (Raden Katong) akhirnya dapat mendirikan Kadipaten Ponorogo pada akhir abad XV, dan dia sendiri yang menjadi Adipati Ponorogo yang pertama.

SEJARAH BERDIRINYA KADIPATEN PONOROGO

Kadipaten Ponorogo berdiri pada tanggal 11 Agustus 1496 Masehi, tanggal inilah yang kemudian di tetapkan sebagai hari jadi kota Ponorogo. Penetapan tanggal ini merupakan hasil dari kajian mendalam atas dasar bukti peninggalan benda-benda purbakala di daerah Ponorogo dan sekitarnya.

Selain itu, penetapan tanggal 11 Agustus ini juga mengacu pada buku Hand book of Oriental History, sehingga dapat ditemukan hari wisuda Bathoro Katong sebagai Adipati Kadipaten Ponorogo. Bathoro Katong adalah pendiri Kadipaten Ponorogo yang selanjutnya berkembang menjadi Kabupaten Ponorogo seperti yang kita ketahui saat ini. (warok)

Berbagaisumber