Ritual Sapu Jagad, Budaya Unik Tokoh Spiritual dan Warga Desa Winong

PONOROGO (kotareyognews.net) - Ritual Sapu Jagad di desa Winong kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo memang unik. Seperti kita ketahui, Grebeg Selo atau Bersih Desa merupakan adat dan sekaligus sudah menjadi budaya bagi orang jawa. Itu merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan atas segala karunia dan sekaligus wujud permohonan agar diberi kekuatan, kelancaran untuk menjadi lebih baik secara lahir dan batin merupakan harapan yang terkandung dalam bersih desa.

Seperti halnya yang dilaksanakan Tokoh masyarakat, Perangkat Desa, dan seluruh elemen masyarakat Desa Winong Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo yang telah menggelar "Ritual Sapu Jagad". Ritual ini merupakan bentuk tradisi baru yang merupakan gagasan dari beberapa tokoh spiritual dan tokoh masyarakat Desa Winong yang di wakili oleh Sunardi Gondrong.

Ritual Sapu Jagad yang yang di laksanakan pada Mingu, (14/09) lalu,  menurut Suardi, merupakan ritual yang dalam pelaksanananya seluruh masyarakat Desa Winong menyapu seluruh wilayah desa winong secara estafet menggelilingi wilayah desa.

Secara teori ritual sapu jagad adalah membentuk masyarakat yang bersatu seperti sapu yang terdiri dari kumpulan lidi, karena bersatu inilah lidi tersebut menjadi kuat dan mampu menyingkirkan sampah atau kotoran yang ada. Dengan melibatkan seluruh masyarakat warga desa, baik tua, maupun muda silih berganti secara estafet menyapu mengelilingi wilayah desa.

Ritual Sapu Jagad akan mampu menimbulkan sugesti dan daya spiritual yang tinggi kepada masyarakat untuk bersatu padu saling bahu-membahu demi satu tujuan yaitu kesuksesan dan pembangunan desa winong.

"Acara ini adalah gagasan beberapa orang tokoh masyarakat dan spiritualis desa yang saya wakili. Ini adalah budaya baru asli desa Winong yang merupakan suatu alat pembersatu rakyat untuk membersihkan lingkungan wilayah desa, membersihkan dari segala hal termasuk balak dan musibah sehingga kedepan akan terwujud Dasa Winong Mukti wibowo Nyokrowati Bahu Bendho,  Hanjayeng Bawono"terangnya.

Sementara dalam prosesi ritual Sapu Jagad desa Winong, dimulai penyerahan  Pusaka Sapu Jagad dari Tokoh mayarakat kepada Kepala desa sebagai simbul seluruh masyarakat desa yang telah memberikan amanah kepada kades terhadap pemerintah desa winong.

Dilanjutkan Kepala Desa Joko Santoso mengawali kegoatan menyapu bergantian dilanjutkan ibu kades, dilanjutkan para perangkat, lembaga desa dan dilanjutkan masyarakat bergantian sambung menyambung bergantian menyapu seluruh wilayah Desa Winong dengan antusias.(warok)