Waduh, Kunci Jawaban Dengan Harga Fantastis Beredar Di Kalangan Pelajar

PONOROGO (kotareyognews.net) - Pelaksanaan Ujian Nasional masih juga menyisakan masalah. Walaupun tahun ini UN tidak sepenuhnya menjadi acuan kelulusan bagi siswa, namun banyak peserta menghalalkan segala cara agar mereka meraih hasil yang maksimal.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, beredarnya kunci jawaban bukan lagi menjadi rahasia umum, lemahnya pengawasan, serta diduga adanya kesengaja pembiaran oleh pihak yang berkaitan untuk mengejar sebuah gengsi intitusi pendidikan.

Beredar dan jual beli kunci jawaban terjadi sudah jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan UN dengan harga yang fantastis.

"Jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan harganya 150rb untuk 3 mata pelajaran, sedangkan disaat mendekati hari pelaksanaan UN, naik manjadi 180rb untuk 3 mapel,"ujar salah satu siswa yang tidak desebutkan namanya.

Kemudian menurut informasi yang dihimpun yang mengedarkan lembaga dari Surabaya bernama 'Ganas', dengan pelanyaluran yang sangat rapi dan terselubung.

"Ada satu siswa mengkoordinir siswa lainnya yang mau membeli, dan banyak siswa yang membeli kunci jawaban tersebut, karena tingkat kebenaranya terjamin,"imbuhnya.

Kenapa setiap tahun hal seperti selalu saja terjadi, dan pihak sekolah selalu saja berdalih tidak mengetahui atas kejadian yang mencoreng dunia pendidikan ini, siapa yang salah atas semua ini ?. (warok)