Dua Tahun Tak Diperbaiki, Dam Duwet Desa Bancar Kondisinya Makin Parah

PONOROGO (kotareyognews.net) - Sayap dam Duwet yang berada di areal persawahan Dukuh Duwet, Desa Bancar, Bungkal jebol sejak bulan April 2013 silam, kinI semakin parah karena belum ada tanda-tanda perbaikan dari pemkab Ponorogo.

Dari pengamatan dan keterangan warga dimana talut itu berada, hancurnya sayap dam karena   musim penghujan saat ini.  Salah satu pengurus  Kelompok Tani Bancaran, Nurcholis mengatakan kini semua sayap dam di  sisi timur hancur luluh lantah dan menggerus areal persawahan milik Katiyo, salah seorang petani setempat.  “Jika hujan deras turun lagi, bukan tidak mungkin  semua bagian dam hancur,” kata Nurcholis.

Curah hujan yang tinggi membuat air meresap cepat ke sekitar talud. Tanah pun bergerak dan akhirnya talut ambrol luluh lantah. Cek Dam Duwet merupakan sarana irigasi vital bagi ratusan petani yang berada di 4 Desa yaitu Desa Padas, Bungu, Bancar dan Bediwetan, Kecamatan Bungkal. Irigasi dari Cek Dam Duwet saat ini mampu mengairi ratusan hektar areal persawahan di wilayah tersebut.

Menurutnya para petani berinisiatif melakukan kerjabakti memperbaiki sementara sayap dam yang rusak. “Kalau dibiarkan tentunya akan menghambat program pemerintah dalam swasembada pangan seperti yang diprogramkan Presiden Jokowi,” imbuhnya. Oleh sebab itu, pihaknya dan petani lainnya berharap Pemkab Ponorogo segera memperbaiki dam tersebut. “Mudah-mudahan segera diperbaiki,” pintanya. (warok)