Meskipun Galian C Berdampak Buruk, Pemkab Ponorogo Tetap Cuek

PONOROGO (kotareyognews.net) - Permasalahan Galian C yang ada dibeberapa desa di kota Ponorogo terus saja menyisakan masalah, dimana sampai hari ini pemerintah kota Ponorogo belum juga memberikan solusi yang jelas terkait permasalahan tambang ini.

Ketua HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Ponorogo Ari Bilowo mengatakan, selama ini Pemda Ponorogo hanya bisa menutup atau mencabut izin operasional beberapa tambang yang dianggap ilegal, namun akibatnya tidak begitu mempedulikan, padahal ini merupakan salah satu sumber menyumbang PAD jika dikelola dengan baik.

“Yang saya sayangkan pemerintah tidak mempunyai solusi bagi para pengusaha kecil dan menengah terkait galian C, akibatnya selain sangat merugikan bagi incame daerah, berpengaruh juga terhadap pembangunan, dimana bahan baku bakal sulit,”ujarnya.

Kemudian saat ini banyak proyek pemerintah Sudah mulai berjalan, akan  tetapi Pemda tidak segera ada solusi. Ditambah banyak oknum yang pada akhirnya memanfaatkan dengan melakukan pungutan liar kepada pengusaha tambang, dengan dalih agar kegiatan tambangnya bisa berjalan terus.

“Kalau ini dibiarkan, justru melegalkan pungli oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, dan sebenarnya pajak yang dibebankan kepada pengusaha tambang masuk PAD untuk membangun jalan yang rusak akibat aktifitas tambang,”terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, anehnya kenapa kebijakan pemda yang tidak jelas solusinya justru kami para pangusaha di suruh mencari solusi sendiri, mestine negara hadir Untuk kemajuan dan kesejahteraan pengusaha.

“Pada dasaranya banyak pengusaha yang tidak bergantung dengan pemerintah tapi justru pemda tidak melihat ini. sebagai peluang akan tetapi justru sebaliknya dianggap melanggar aturan, yang aturanya  sendiri tidak jelas,”jelasnya. (warok)