Panwaskab Ponorogo Tetap Melanjutkan Proses Seleksi Panwascam

PONOROGO (kotareyognews.net),- Terkait desakan dari berbagai pihak agar Panwaskab melakukan seleksi ulang rekrutment Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) karena dinilai cacat hukum, langsung mendapat tanggapan dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Ponorogo. Dia menegaskan akan tetap melanjutkan proses rekrutmen Panwascam tersebut karena dianggap sudah sesuai aturan.
  
“Saya sudah berkonsultasi dengan Bawaslu Jawa Timur. Hasilnya, proses seleksi calon anggota Panwascam dilanjutkan. Ini sudah sesuai peraturan dan ini memenuhi azas mandiri, tidak ada tekanan dari orang lain,” ucap Ketua Panwaslu Ponorogo Wasijan.

Lebih lanjut Wasijan mengungkapkan bahwa tupoksi dari sekretariat Panwaskab berdasarkan pasal 107 UU no 15/2011 adalah melakukan tugas adminitrasi dan mengelola anggaran kemudian sekretariat ditetapkan merupakan kewenangan Pemda setempat. Masalah dianggap kedaluwarsa adalah hak dan kewenangan pemda.

“Berdasarkan rapat pleno, yang berhak melakukan rekrutmen dan menetapkan Panwascam adalah Panwaskab dengan SK, dan tidak melibatkan sekretariat, jadi antara tugas sekretariat dan Panwas berbeda sama sekali, jadi kalau mengatakan bahwa rekrutmen adalah merupakan tugas sekretariat itu jelas tidak benar,”terangnya.

Sedangkan untuk kelanjutan proses seleksi yaitu pada tahap wawancara, Wasijan menyatakan masih akan melakukan rapat pleno dengan komisioner Panwaskab Ponorogo yang lain. Yaitu untuk menentukan waktu dan berbagai hal yang terhenti karena adanya unjuk rasa dan protes dari warga.

“Pada intinya seleksi rekrutmen Panwascam tetap kita lanjutkan, karena sudah sesuai aturan dan prosedur,”jelas Wasijan. (warok).