Gebyak Seni Reyog Sabuk Jati Joyo Kenongo Desa Nraket sangat Meriah


PONOROGO (kotareyognews.net) - Kesenian Reyog merupakan seni khas Ponorogo. Hampir tak ada satupun desa di wilayah Kabupaten Ponorogo yang tidak mempunyai kesenian Reyog. Seperti halnya desa Ngraket, kecamatan Balong kabupaten Ponorogo yang sudah sejak lama memiliki seni Reyog. Reyog "Sabuk Jati Joyo Kenongo" adalah kesenian reyog yang dimiliki oleh desa Ngraket.

Setelah facum beberapa tahun akibat rusaknya dadak merak karena dimakan usia. Kali ini, dengan semangat dan kemauan kuat dari para seniman Reyog desa Ngraket, akhirnya tahun ini seni reyog Sabuk Jati Joyo Kenongo kembali bisa berkreasi.

Sabuk Jati Joyo Kenongo telah memiliki sebuah Dadak reyog baru bantuan dari Dinas Pariwisata Ponorogo. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Ngeaket Muh Yusuf, disela-sela kegiatan Gebyak reyog Sabuk Jati Joyo Kenongo, Rabu, (12/08)

Peresmian grup Reyog desa Ngraket kali ini, para seniman menggelar kirap dari kediaman Jemio di dukuh Jugil menuju kediaman Samudro di dukuh Kentheng desa Ngraket. Sepanjang jalan rombongan arak-arakan grup Reyog Sabuk Jati joyo kenono tak henti hentinya menampilkan atraksi reyog obyok guna menghibur para penonton.

Tak hanya itu, kegiatan Gebyak Reyog Sabuk Jati Joyo Kenonho yang diketuai oleh Supriyadi ini juga menyuguhkan 12 penari jathil dan belasan bujang ganong cilik yang sangat lincah. Pihak panitia juga menyediakan panggung di pelataran rumah Samudro (tokoh masyarakat setempat) sehingga para pengunjung bisa menikmati atraksi dan kolaburasi dadak reyog, bujangganong dan tarian 12 jathil mengikuti irama gamelan khas kesenian reyog.

Muh. Yusuf berharap dari kegiatan Gebyakan seni reog sabuk jati joyo kenongo Desa Ngraket ini bisa menjadi sarana berkreasi di bidang kesenian sekaligus meningkatkan kerukunan antar warga.

"Saya sangat berterimakasih kepada masyarakat dan seniman di desa ngraket yang telah mendukung seni Reyog Sabuk Jati Joyo Kenongo ini, mari kita tingkatkan kerukunan, mari kita lestarikan budaya kita. Semoga kejayaan Reyog Sabuk Jati Joyo Kenongo desa ngraket beberapa tahun silam bisa kita raih kembali," harapnya.(warok)