Reyog dan Gajah Ikut Semarakkan Peringatan HUT RI ke-70 di Desa Bancar

Atraksi seni reyog desa Bancar, Bungkal, Ponorogo
PONOROGO (kotareyognews.net) - Keberadaan kesenian Reyog dan Gajah-gajahan yang dimiliki desa Bancar kecamatan Bungkal, menjadi warna tersendiri dalam acara perayaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT RI) ke-70 tahun ini. Pasalnya dua kesenian ini pada Minggu, (30/08) lalu, berhasil menarik animo masyarakat wilayah kecamatan Bungkal dan sekitarnya.

Disampaikan oleh Kepala Desa Bancar Pamuji, S. Pd, bahwa pemerintah desa bersama masyarakat Bancar dalam rangka peringatan HUT RI ke-70 tahun ini mengadakan kegiatan gelar seni dan kirab Gajah. Hal tersebut merupakan wujud kesadaran dari seluruh element masyarakat desa Bancar dalam rangaka peringatan HUT RI dengan melestarikan seni dan budaya.

Selain itu menurut Pamuji, kegiatan pagelaran Reyog dan gajah kali ini diharapkan mampu meningkatkan kerukunan dan kekompakan masyarakat Bancar.


"Ini merupakan wahana berkreasi dari masyarakat bancar melalui kesenian guna merayakan HUT RI ke-70 dan mengisi kemerdekaan sekaligus meningkatkan kerulunan antara elemen masyarakat Bancar,"ujarnya.

Lebih lanjut kades yang sudah menjabat dua periode ini menjelaskan bahwa dalam rangka peringatan HUT RI tahun ini selain pegelaran seni Reyog dan Gajah, nanti pada sabtu malam, tanggal 12 Sebrember 2015, juga akan digelar pengajian akbar di lapangan Gelanggang Olahraha Perseba Bancar.

"Semoga kegiata tersebut juga mampu meningkatkan ketakwaan bagi masyarakan bancar, dan umumnya masyarakat di kecamatan Bungkal," harapnya.

Sementara itu, dalam kegiatan pentas gajah dan reyog kali ini, grup reyog Sogo Manggolo menggelar panggung terbuka di pelataran SDN 1 Bancar. Dari pantauan Media Mataraman, Sogo Manggolo yang pada pagelaran kali ini menurunkan dua buah dadak reyog dan 12 penari jathilan lengkap dengan bujangganong, cukup membuat masyarakat terhibur, hingga mereka rela bedesak-desakan dengan para penonton lain.(warok)