Ini Penjelasan Tentang Pengertian Badan Usaha Milik Desa

NASIONAL (kotareyognews.net)- BUMDES atau Badan Usaha Milik Desa adalah Lembaga Usaha Desa yang dikelolah oleh Masyarakat dan Pemerintah Desa sebagai upaya untuk  memperkuat perekonomi desa dan di bentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada di desa itu sendiri.

Ciri Utama dari BUMDes dengan Lembaga Ekonomi Komersil lainya,sebagai berikut :
-Badan Usaha ini dimiliki oleh desa dan dikelolah bersama.
-Modal bersumber dari desa sebesar 51% dan dari masyarakat sebesar 49% melalui penyerataan modal (Saham atau andil).
-Operasionalisasinya menggunakan falsafah bisnis yang berakar dari budaya lokal.
-Bidang usaha yang dijalankan berdasarkan pada potensi dan informasi pasar.
-Keuntungan yang di peroleh di tunjukan untuk meningkatkan kesejaktraan anggota (Penyetara Modal) dan masyarakat melalui kebijakan desa.
-Difasilitasi oleh Pemerintah Propinisi,Pemerintah Kabupaten dan Pemerintahaan Desa.
-Operasionalisasi di kontrol secara bersama oleh BPD,Pemerintah Desa dan Anggota).

BUMDes sendiri, sebagai suatu lembaga ekonomi modal usahanya dibangun atas inisiatif masyarakat dan menganut asas mandiri. Ini berarti pemenuhan modal usaha BUMDes harus bersumber dari masyarakat. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan BUMDes dapat mengajukan pinjaman modal kepada pihak luar, seperti dari Pemerintah Desa atau pihak lain, bahkan melalui pihak ketiga.

Hal ini sesuai dengan peraturan per undang-undangan (UU 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 213 ayat 3). Penjelasan ini sangat penting untuk mempersiapkan pendirian BUMDes, karena implikasinya akan bersentuhan dengan pengaturannya dalam Peraturan Daerah (Perda) maupun Peraturan Desa (Perdes).(warok/net)