Madura Akan Deklarasi Pembentukan Provinsi Baru

SURABAYA (kotareyognews.net) - Wacana Pembentukan Provinsi Madura telah final. Kesiapan ini disampaikan oleh  Sekretaris Jenderal (Sekjen) Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (P4M) Jimhur Saros.

Seperti dilasir dari situs Liputan6.com, P4M telah menerima banyak dukungan dari berbagai elemen baik dari dalam negeri juga luar negeri untuk mewujudkan Madura sebagai provinsi tersendiri dan pihaknya telah siap mendirikan Provinsi Madura.

"Tunggu saja. Deklarasi akan dilaksanakan 10 November di Gedung Ratho Ebhu, Bangkalan. Semua kita undang, mulai anggota DPR RI, DPRD Jatim, dan anggota dewan di Madura lain," katanya di Surabaya, pada Rabu (4/11/2015).

 Jimhur mengatakan bahwa gagasan pembentukan Provinsi Madura telah lama bergulir. Hal tersebut berdasarkan beberapa latar belakang, di antaranya Madura yang diibaratkan selalu menjadi anak tiri dalam proses pembangunan negara.

"Jujur, karena kami kecewa selalu dianak-tirikan. Misalnya saja dalam pendidikan, faktanya masih banyak penduduk yang buta huruf. Soal kesehatan juga masih terbelakang, juga soal kesejahteraan. Dan, pemenuhan lapangan pekerjaan juga terbelakang," kata Jumhur.
  
Meskipun telah ada Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu), lanjut dia, belum terwujud kemakmuran Madura. Masih banyak warga Madura yang terpaksa mengais rezeki ke luar daerah Madura.

"Karena faktor tadi, tidak terpenuhinya kebutuhan dan semangat Madura harus menjadi provinsi ini murni tuntutan hati nurani rakyat untuk menuju dan mewujudkan sejahtera, lebih layak, untuk masa depan Madura" pungkasnya. (warok/liputan6/net)