Penyerapan Dana Desa Baru 81 Persen

JAKARTA (kotareyognews.net)Pernyataan Dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT)  bahwa serapan dana desa saat ini mencapai 81 persen, dan dia yakin dana itu akan dapat diserap semaksimal mungkin.

"Percepatan dan pemantauan saat ini yang harus dilakukan. Kami sudah membentuk desk pemantauan yang bertugas melakukan pemantauan penyerapan dana desa," ujar Sekjen Kemendes PDTT, Anwar Sanusi, di Jakarta, Rabu (18/11/2015) seperti dikutip di republika..

Anwar Sanusi menambahkan desk tersebut juga menerima laporan dari 12.000 fasilitator yang ada di tiap kabupaten-kota. "Kami cukup optimistis, dana desa dapat terserap dengan baik dan bisa membangkitkan perekonomian di desa," paparnya.

Dia juga menjelaskan bahwa jumlah desa yang belum memanfaatkan dana desa hanya sekitar 7.000 desa saja. Dan yang menjadi faktor penyebab utamanya adalah kendala administratif dan kehati-hatian dalam penggunaan anggaran tersebut.

Banyaknya kepala desa yang hati-hati dalam menggunakan anggaran dana desa karena menjelang pilkada di sejumlah daerah. Ketakutan tersebut karena mereka bisa jadi menyalahi aturan yang ada. "Ini yang membuat banyak kepala desa yang takut-takut dalam menggunakan dana desa," paparnya.


Dari informasi, sejumlah daerah mengalami kendala dalam pencairan dana desa. Misalnya pencairan dana desa di Nusa Tenggara. Disana terhambat sejumlah hal di antaranya regulasi daerah yang belum siap dan APBD Desa yang terlambat mengakomodasi dana itu serta kesiapan sumber daya manusia di desa itu sendiri.(warok/rep)