Berikut Ini Manfaat Olahraga Pagi Yang juga Perlu Ketahui

PONOROGO (kotareyognews.net) - Diantara manfaat olahraga pagi, disini akan kami sampaikan berbagai manfaat yang kemungkinan besar belum kita ketahui bersamama. Berikut manfaat tersebut :
  
Membentuk tubuh ideal
Berdasarkan penelitian yang dilakukan Lara Carlson, PhD, di American College of Sport Medicine, ditemukan bahwa jika kita berolahraga dengan tujuan untuk membentuk badan atau meningkatkan kesehatan tubuh sangat baik jika dilakukan di pagi hari.
Aktivitas fisik di pagi hari dapat menyebabkan tubuh kita melepaskan hormon endorfin, yang bisa membuat kita memilih menu makanan yang lebih sehat, dengan begitu sangat mendukung kita yang sedang menjalani program diet.

Baik bagi penderita diabetes
Penelitian yang dilakukan pakar berhasil menemukan bahwa dengan berolahraga pagi bisa menurunkan kadar glukosa. Oleh karena para pakar menyakini dengan berolahraga pagi hari sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Memperbaiki kualitas tidur
Penelitian lain yang dilakukan Lara Carlson, PhD, di American College of Sport Medicine mengungkapkan bahwa mereka yang berolahraga pagi memiliki tekanan darah lebih rendah dan akan membuat tidurnya lebih nyenyak
Selanjutnya menurut pakar Kebugaran dan Ahli Gizi dari Royal Kansas City, Mitzi Dulan, RD, CSSD menyebutkan bahwa ada manfaat lainnya yang akan didapat jika kita membiasakan diri berolahraga di pagi hari.

Dalam sebuah studi yang dilakukannya menunjukkan bahwa jika orang yang rutin olahraga di pagi hari sebelum bekerja akan tidur lebih lelap sepanjang malam.

Menjaga ritme untuk tetap produktif
Dengan aktivitas olahraga di pagi hari membantu kita menjaga produksi hormon thyroid yang akan mengatur kestabilan ritme jam biologis yang di setting di dalam otak kita.
Jika jam biologis kita stabil, ritme kinerja tubuh kita jugaakan tetap harmonis, dengan begitu produktifitas kerja kita akan berjalan lancar.

Meningkatkan rasa percaya diri
Saat kita melakukan olahraga pagi, organ paru-paru kita menerima asupan udara yang segar dan bersih yang nantinya akan diikat di dalam darah.
Lebih banyak oksigen dalam darah kita akan  merangsang otak yang membantu untuk menjaga kesehatan mental, mampu menyegarkan pikiran dan tubuh kita, dengan begitu rasa percaya diri kita akan senantiasa meningkat ketika kita beraktivitas sepanjang hari.

Daya Konsentrasi meningkat
Penelitian lain mengungkapkan bahwa dengan meningkatnya kemampuan otak saat berolahraga turut memberikan manfaat lain bagi kita, yaitu mampu meningkatkan kekuatan otak sehingga kitalebih mudah berkonsentrasi.

Dengan meningkatnya daya konsentrasi, akan membantu kita lebih waspada dan focus dalam menjalankan aktivitas kita yang padat.
Demikian fakta mengenai manfaat olahraga, dan ternyata dengan olahraga pagi tidak hanya baik untuk kesehatan fisik melainkan juga bagi kesehatan mental kita. Dengan begitu jika fisik dan mental sehat maka akan turut membantu kita meraih kesuksesan di setiap aktivitas yang dilakukan.

Luar biasa bukan, hanya dengan menyempatkan waktu anda sedikitnya 30 menit saja di tiap pagi untuk berolahrga, turut mempengaruhi keberhasilan kerja anda sepanjang hari.
Jika anda ingin melakukan olahraga pagi sebaiknya anda memperhatikan beberapa tips di bawah ini.
Lakukan antara jam 5- 9 pagi, sesuaikan dengan jam tidur anda.

Lakukan pemanasan dan pendinginan karena ini sangat penting untuk tubuh.
Jangan langsung mandi setelah olahraga (tenangkan diri selama 15-45 menit).
Lakukan rutin minimal 3 kali satu minggu dan usahakan dilakukan di ruangan terbuka. (warok)

berbagai sumber