Hasil Rapat Pleno KPU Ponorogo, Ipong Raih Suara Terbanyak

PONOROGO (kotareyognews.net) - Meskipun hari sebelumnya sempat terjadi aksi massa yang menuntut Rapat Pleno tingkat Kabupaten KPU Ponorogo ditunda, namun hal tersebut tak mempengaruhi agenda rapat Pleno yang telah dijadwalkan pada hari ini, Rabu (16/12/2015)

Pantaun kotareyognews.net dilapangan, Rapat Pleno yang digelar sejak pukul 09.00 WIB berjalan lancar, maskipun sering mendapatkan interupsi dari saksi paslon nomor urut 1 yang kurang puas tapi tak mengganggu jalanya rapat Pleno. Hingga pukul 20.45 WIB, KPU sudah bisa menetapkan hasil pleno Pilkada Ponorogo.

"Kegiatan Rapat Pleno berjalan dengan lancar dan tidak menemui kendala. Baru saja KPU Ponorogo menyelesaikan rapat pleno terbuka rekapetulasi surat suara dan sudah kami SK kan di tingkat Kabupaten," terang Ketua KPU Ponorogo Muh. Ikhwanudin Alfianto, S. Ag

Dari hasil rapat Pleno tersebut Ikwanudin memaparkan bahwa Pasangan nomor urut 1, Sugiri Sancoko - Sukirno memperoleh 205.587 suara, pasangan nomor urut 2, Amin - Agus mendapatkan 123. 761 suara, pasangan nomor urut 3 , Misranto - Isnen mendapat 9. 416 dan pasangan nomor urut 4, Ipong - Djarno 219.949.

Sedangkan terkait Surat Keputusan (SK) dari hasil rapat pleno, terdapat dua saksi yang tidak tanda tangan, yang satu sudah meninggalkan tempat, dan yang satu saksi dari Paslon nomor 1 menolak dan tidak mau tanda tangan.

"Meskipun ada saksi yang menolak dan tidak mau tanda tangan, itu tidak berpengaruh dan proses tetap berlanjut," paparnya.

Lebih lanjut, Ikhwanudin menjelaskan, jika ada gugatan terhadap keputusan KPU, pihaknya mempersilahkan untuk dilanjut ke Mahkamah Konstitusi (MK), karena itu adalah hak dari setiap Paslon.

"Sesuai aturan dalam waktu 3x24 jam silahkan melakukan gugatan. Dan jika tidak ada gugatan nanti pada tanggal 22 Desember 2015 akan kami tetapkan pasangan terpilih yang selanjutnya akan kita usulkan kepada Gubernur untuk dilantik," pungkasnya.(warok)