Luar Biasa, Gapoktan "Loh Jinawi" Siwalan Mlarak, Miliki SHU 50 Juta

PONOROGO (kotareyognews.net) - Sebuah prestasi luar biasa diraih Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Loh Jinawi desa Siwalan kecamatan Mlarak, kabupaten Ponorogo. Pasalnya, Gapoktan yang diketuai oleh Imam Basri ini selalu solid memanfaatkan berbagai program yang diberikan oleh pemerintah, sehingga sampai saat ini memiliki SHU lebih dari 50 juta.

Prestasi tersebut tentunya tak lepas dari peran serta seluruh anggota Gapoktan 'Loh Jinawi', pengurus, pemerintah Desa, petugas PPL, dan UPTD Pertanian. Hal ini disampaikan Imam Basri selaku ketua Gapoktan Loh Jinawi desa Siwalan dalam sambutanya pada acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2014 yang digelar di balai Desa Siwalan, Kamis (19/11).

 Menurutnya, RAT ini bisa digelar karena sinegitas atara pengurus dan seluruh anggota, termasuk pendamping dari Dinas Pertanian. Berbagai program telah mampu dimanfaatkan oleh Gapoktan Loh Jinawi,” Termasuk Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) yang diterima bisa berjalan dengan sukses, tentunya dengan azas musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan,”terang Imam Basri.

Sementara itu, Kepala Desa Siwalan Drs. H. Abdul Roziq Yusuf menyampaikan ungkapan ungkapan terimakasih kepada masyarakat siwalan dan para petugas dari dinas Pertanian yang berkenan hadir dalam RAT Gapoktan Loh Jinawi. Dia berharap gapoktan loh Jinawi berjalan lebih baik lagi terutama dari segi administrasi dan kwalitas tanamanya.

Lebih lanjut kades berharap para petani siwalan bisa mendukung program swasembada pangan dari Pemerintah, dan salah satunya adalah meningkatkan mutu dan kwalitas tanaman. "Kedepan kita punya program pengadaan alat pengolahan pupuk organic, karena sudah saatnya kita kembali ke pupuk organic guna menjaga mutu tanah kita. Semoga kedepan banyak program dari pemerintah termasuk pengadaan mesin pengolahan pupuk organik," harapnya.

Menurutnya, Desa Siwalan saat ini merupakan daerah yang paling disoroti dan menjadi tolak ukur bagi kalangan masyarakat di wilayah mlarak."Mari kita manfaatkan seluruh program dari pemerintah, sehingga Siwalan bisa menjadi desa Percontohan di Kabupaten Ponorogo,"harapnya.

Sementara itu kepala UPTD Pertanian kecamatan Mlarak Ninik, menyampaikan apresiasi kepada gapoktan Lohjinawi yang telah melakukan RAT. Itu menunjukkan bahwa Gapoktan Loh Jinawi merupakan Gapoktan yang aktif. Pihaknya berharap Gapoktann Loh Jinawi yang terdiri dari tiga Poktan, agar terus meningkatkan kebersamaan sehingga semua program yang masuk bisa dimanfaatkan bersama.

"Tahun 2015 program pemerintah adalah meningkatkan produksi dalam rangka mewujudkan swasemada pangan. Saya harap Gapoktan ini bisa aktif dan punya banyak terobosan," harapnya.

Hal senada juga disampaikan Handoko selaku petugas pemantau dari Dinas Pertanian Ponorogo, dia merasa bangga atas prestasi Gapoktan Loh Jinawi yang punya SHU sebanyak 50 juta. "Ini adalah presatasi luar biasa, dan kami rasa baru Gapoktan Loh Jinawi yang punya SHU sebanyak itu," pujinya.

Lebih lanjut dia berharap kepada Gapoktan Loh Jinawi agar jangan mudah menyerah dan terus dan jangan sampai patah semangat,"Selamat kepada Gapoktan Loh Jinawi Desa Siwalan, semoga kedepan menjadi lebih baik sehingga apa yang menjadi tujuan yaitu kesejahteraan anggota dan keluarga, bisa terwujud,"harapnya.(warok)