Ratusan Massa Unjuk Rasa Di KPU Ponorogo

PONOROGO (kotareyognews.net) - Hari ini Selasa (15/12/2015), ratusan massa yang tersiri dari gabungan  LSM dan masyarakat tergabung dalam Gerakan Masyarakat Peduli Demokrasi (GMPD), menggelar aksi turun kejalan menuntut penyelenggara Pemilukada Ponorogo, menunda tahapan Pleno yang akan digelar pada hari, Rabu (16/12/2015).

Pasalnya, dalam proses pemilukada Ponorogo terjadi banyakpelanggaran - pelanggaran yang dianggap menciderai proses remokrasi di tanah air, khususnya Ponorogo.

"Kami sebagai masyarakat yang sangat peduli dengan demokrasi berharap terhadap penyelenggara Pilkada, baik KPU maupun Panwaslu untuk lebih bijak dan berani," ujar Sunardi Gondrong dalam orasinya.

Sementara dalam orasinya di kantor Panwaslu, Sunardi menegaskan kepada Panwaslu sebagai bagian dari penyelenggara pemlilukada yang seharusnya bermata tajam, kupingnya tidak tuli, kaki tanganya jangan lumpuh.

"Dengan adanya money politic yang telah dilaporkan silahkan ditindak lanjuti, karena panwas adalah merupakan perangkat pemilu dan bekerjalah dengan penuh tanggung jawab dan jangan putus ditengah jalan,"ujarnya.

Menurutnya, berbagai kasus yang terjadi terutama tentang adanya penggelembungan suara di berberapa TPS, adanya money politik yang telah tertangkap tangan menunjukkan bahwa proses Pemilukada di Ponorogo cacat hukum.

" Kami menuntut agar rapat Pleno penghitungan suara di tingkat Kabupaten tanggal 16 Desember ditunda, dikarenakan masih adanya hambatan berupa tertangkapnya money poitik di Kec Jenangan, dan ditemukannya penggelembungan suara di beberapa TPS,"tandasnya.

Pantauan dilapangan, ratusan masa ini berangkat dari depan gedung DPRD Ponorogo di jalan Aloon-aloon timur, melewati Jln. Diponegoro , perempatan Tambakbayan , keutara menuju Kantor KPU di Jln. Sukarno - Hatta, kemudian keselatan, perempatan Pasar Legi ketimur menuju Kantor Panwaskab.

Dalam aksinya, mereka juga membawa poster yang bertuliskan seruan untuk ditindak secara hukum KPPS Pelacur Politik, Hukum maling kecik, Usir Teroris Pilkada Ponorogo, Kami Masyarakat Peduli Demokrasi Menolak Hasil Pilkada 2015 Ponorogo, dan lain-lain. Beberapa orang perwakilan juga dipersilahkan untu audiensi bersama petugas KPU dan Panwaslu.

Aksi ini berlangsung cukup tertib, dan mendapatkan pengawalan ketat dari jajaran Polres Ponorogo. Setelah puas menyampaikan aspirasi mereka, ratusan masa ini membubarkan diri di depan kantor Panwaslu Kabupaten Ponorogo. (warok)