Ratusan Pendemo Tuntut Pleno KPU Ponorogo Ditunda

PONOROGO (kotareyognews.net) - Rapat Pleno Rekapitulasi suara Pilkada Kabupaten Ponorogo tingkat Kabupaten yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di gedung Sasana Praja, Rabu (16/12/2015) diwarnai aksi unjukrasa dari ratusan massa yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Demokrasi Ponorogo (MPDP).

Ratusan massa yang datang ke lokasi pleno dengan mengendarai 3 unit truk ini menuntut adanya rekapitulasi suara manual, pencoblosan ulang di beberapa TPS dan pengusutan praktik money politic yang terjadi dalam Pilkada Kabupaten Ponorogo.
“Kami menuntut penundaan rekapitulasi manual, pencoblosan ulang di TPS-TPS bermasalah dan usut tuntas adanya praktek politik uang,” ucap Sunardi Gondrong salah satu orator MPDP.

Meski terus merangsek maju, namun Massa MPDP hanya bisa berhenti di jarak 50 meter dari gedung Sasana Praja karena dihadang berikade personil pengamana dari anggota Polres Ponorogo.
Negoisai antara aparat dan perwakilan massa yang ingin masuk ke lokasi rapat pleno juga berlangsung alot. Meski akhirnya perwakilan pendemo dipersilahkan masuk ke dalam gedung untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Pada kesempatan itu, salah satu perwakilan MPDP menyapaikan empat pernyataan sikap, diantaranya:
1. Mengingatkan kepada partai politik bahwa partai politik adalah institusi yang dibiayai oleh uang rakyat (APBN dan APBD) dan memiliki kewajiban memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat.
2. Bahwa masyarakat Ponorogo adalah masyarakat berbudaya dan berkarakter dan praktek money politic merupakan pembunuhan budaya dan karakter Ponorogo.
3. Gugurkan calon bupati dan wakil bupati Ponorogo tahun 2016-2021 yang terbukti membodohi masyarakat Ponorogo dengan praktek money politic.
4. Menolak hasil Pilkada yang penuh kecurangan yaitu terjadinya penggelembungan suara yang patut diduga terstruktur, sistematis dan masiv.
Pada kesempatan tersebut pendemo juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, organisasi, dan lembaga se-Kabupaten Ponorogo untuk turut serta menegakan demokrasi demi masadepan Bumi Reyog. (waroxs)