Desa Kradenan Resmikan Seni Reyog "Singo Kridho Tumaruno"

PONOROGO (kotareyognews.net)  - Dalam rangka meresmikan Kesenian Reyog Singo Krodho Tumaruno, Pemerintah desa, tokoh masyarakat dan seluruh seniman yang ada di Desa Kradenan menggelar acara silaturahmi dengan tema ' Malam Silaturahmi Manunggal Seni dan Budaya Manunggal Masyarakat Desa Kradenan' bertempat di Balai Desa Kradenan, Sabtu malam (06/02/2016).

Menurut Kepala Desa Kradenan, Yahman, S. Pd, baru-baru ini Desa Kradenan telah menerima bantuan sebuah dadak Reyog. Dan para seniman bersama pemerintah desa Kradenan telah memberi nama kesenian Reyog 'Singo Kridho Tumaruno'. Dia berharap dengan bertambahnya seni budaya reyog Ponorogo ini pemerintah dan masyarakat Kradenan bisa ikut melestarikan kesenian asli Ponorogo.

Lebih lanjut, Kades menyampaikan ungakapan terimakasih kepada seluruh seniman yang ada di Desa kradenan yang telah membawa nama baik Desa Kradenan dalam setiap kegiatan.

"Trimakasih kepada para seniman kradenan, seni yang bernafaskan agama seni Hadrah Al- Banjari , seni Gajah Hesti Taruno, seni Jaranan thek Turonggo Aji Weling, dan seni Reyog Singo Krodho Tumaruno. Semoga seluruh kesenian dan budaya yang kita miliki bisa terus kita lestarikan dan bisa menjadi sarana ibadah, sarana meningkatkan kerukunan, persatuan dan kesatuan masyarakat Desa Kradenan," harapnya.

Sementara itu, Camat Jetis Drs. H. Fadhlal, M.si yang diwakili Sekcam  sebelum mengukuhkan Seni Reyog Singo Kridho Tumaruno Desa Kradenan, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Desa dan para seniman desa Kradenan yang terbukti dan tetam eksis dalam melestarikan seni dan budaya yang dimiliki.

"Ini luar biasa, seluruh seniman berkumpul ada seniman yang bernafaskan Islami, Gajah, Jaranan Thek, dan Reyog semua dimiliki oleh Desa Kradenan. Semoga bisa terus exsis dan terus berlatih," harapanya.

Hal senada disampaikan oleh Kapolsek AKP Sumodyan, pihaknya menyampaikan selamat kepada Desa Kradenan yang telah mengukuhkan Kesenian Reyog Singo Mudho Tumaruno. Itu menunjukkan bahwa Kradenan telah sukses dalam melestarikan kesenian. Pihaknya berharap dengan seni dan budaya, masyarakat tetap aman dan rukun.

"Semoga dengan kegiatan silaturahmi seluruh seniman di Desa Kradenan ini, masyarakat kradenan selalu terjaga kerukunan dan selalu ayem tentrem," harapnya.

Sementara itu, dalam rangka dalam acara Malam Silaturahmi Manunggal Seni dan Budaya Manunggal Masyarakat Desa Kradenan tersebut juga digelar acara Brokohan dan dilanjutkan dengan penampilan Seni Reyog Singo Kridho Tumaruno, dan seni Jaranan Thek Turonggo Aji Weling.

Ratusan masyarakat tampak antusias menyaksikan atraksi seni Reyog Kridho Tumaruno dan seni Jaranan Thek yang dimiliki Desa Kradenan ini. (waroxs)