Kabarnya Kismanto Yang Ditunjuk Plh Ketua Gerindra Kaltim Sebelum Ada Pengganti Ipong

SAMARINDA (kotareyognews.net) - Setelah ditetapkan sebagai pemenang dalam Pilkada Ponorogo, Ipong Muchlissoni sudah siap meletakkan jabatan Ketua DPD Gerindra Kaltim. Proses pergantian tinggal menunggu restu dari sang Ketua Umum, Prabowo Subianto.

Sambil menunggu keputusan, Ipong memberikan mandat kepada salah satu kadernya, Kismanto Sastroamidjojo sebagai Pelaksana Harian Ketua (Plh) DPD Gerindra Kaltim. Keputusan tersebut akan diperkuat dengan penerbitan surat keputusan (SK) sebagai langkah memaksimalkan kerja-kerja partai.

“Saya punya gagasan, sehari hari saya terpikir untuk mengangkat Mas Kismanto sebagai Plh Ketua DPD Gerindra Kaltim. Nanti saya akan minta kan persetujuan DPP, kalau disetujui saya akan SK-kan. Tapi, kalau tidak setuju, ya secara informal saja,” tegas Ipong.

“Mas Kismanto bukan sebagai pelaksana tugas (Plt) tapi Plh (pelaksana harian). Saya juga mungkin kebanyakan berada di Ponorogo. Dan sementara belum ada ketua pengganti saya,” terangnya.

Ipong menjelaskan sejak partai berlambang burung garuda berkiprah di Bumi Etam, istilah Plt tidak pernah digunakan. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan partai saat ini, pengangkatan salah satu kader sebagai Plh dianggap lebih tepat. Meski dalam kewenangannya tidak dapat mengambil atau memutuskan suatu kebijakan partai.

“ Setahu saya di Gerindra tidak pernah ada itu Plt. Kita tidak mengenal istilah Plt. Soal saya menunjuk salah satu wakil ketua untuk bisa aktif, tapi sifatnya bukan Plt, itu bisa saja. Cuma Plh, sama sekali tidak bisa mengambil kebijakan,” tandasnya.

Kismanto yang juga Wakil Ketua I DPD Gerindra Kaltim mengatakan, sebagai kader dia harus siap mengemban amanah seperti yang diminta Ipong pada Rapat Koordinasi Gerindra Kaltim, di Hotel Mesra Internasional yang berakhir kemarin.

“ Saya siap, namun posisi itu baru dimandatkan secara verbal, jadi ya mudah-mudahan ditindak lanjuti ke proses berikutnya serta disepekati di internal DPD Gerindra,” kata Kismanto, kemarin. (warok/korankaltim)