Peringati Harlah NU, LAZISNU Dan Ansor Gelar Baksos

PONOROGO (kotareyognews.net) - Dalam rangka Harlah NU Ke- 90 Tahun, lahirnya  organisasi yang didirikan Hadratus Syaikh  KH. Hasyim Asyari  31 Januari 1926, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) PCNU Ponorogo,  Sabtu  (30 /01),  mengadakan santunan berupa bantuan uang tunai sebesar Rp. 7.000.000,- (Tujuh Juta Rupiah) kepada Panitia Pembangunan Musholla di Desa Sempu Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo.

“Walau sederhana, kami mengajak semua warga NU untuk memperingati harlah NU ditingkatan ranting. Selain itu juga diminta pengurus menggelar tahlilan dan yasinan bagi pendiri NU,” ujar Alim Nor Faizin, M.Si  Bendahara LAZISNU Ponorogo. Selain itu juga menggelar beberapa musyawarah dengan beberapa badan otonom seperti  GP Ansor, fatayat dan muslimat ditingkatan anak cabang.
 
Ditambahkan, pemberian santunan  karena Musholla yang terletak di Desa Sempu Kec Ngebel  tersebut mengalami rusak parah setelah terkena angin puting beliung. Hempasan angin yang menerjang tempat ibadah  beberapa waktu yang lalu itu menghempaskan seluruh atap bangunan yang dibangun pada era tahun 1980-an tersebut.  Riyadi (35 tahun), selaku ketua panitia pembangunan musholla menuturkan, bahwa akibat dari hempasan angin puting beliung tersebut, kegiatan jama’ah sholat di lingkungan sekitar menjadi terganggu, sehingga pelaksanaan sholat jama’ah untuk sementara waktu dilakukan di rumah masing-masing.

“Terpaksa untuk sholat berjamaah dilakukan dirumah masing-masing sambil menunggu perbaikan,” kata Riyadi.

Harapan muncul ketika tim dari PCNU Ponorogo melakukan kunjungan dan pendampingan kepada warga Desa Sempu, untuk bersama-sama melakukan renovasi musholla yang rusak tersebut.  Melalui Gerakan Pemuda Ansor (salah satu Badan Otonom NU) dan LAZISNU selaku lembaga yang mengurusi Zakat, Infaq dan Shodaqoh di lingkungan NU, memberikan stimulus kepada warga untuk bersama-sama membangun kembali musholla yang rusak.

Dalam acara santunan tersebut, LAZISNU Ponorogo diwakili oleh Alim Nor Faizin, M.Si (Bendahara LAZISNU Ponorogo), Jamal Mustofa (Sekretaris GP Ansor Ponorogo) dan Budi dari Satkorcab Banser Ponorogo. Sedangkan dari panitia pembangunan Musholla diwakili oleh Riyadi (Ketua Panitia) dan beberapa warga sekitar.

Melalui santunan tersebut, Alim berharap agar bantuan dari LAZISNU dan GP Ansor  Ponorogo ini dapat memberikan stimulus yang positif bagi warga sekitar untuk lebih meningkatkan dakwah Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah di Desa Sempu khususnya dan Kecamatan Ngebel pada umumnya.

“Selain itu pembangunan kembali musholla tersebut diharapkan mampu menjadi momentum kebangkitan Islam Aswaja di wilayah Kecamatan Ngebel,” tukasnya. (waroxs)