Tiga Desa Ini Terkenal Desa Paling Bersih di Dunia

PONOROGO (kotareyognews.net) - Memiliki lingkungan yang bersih dan asri tentunya menjadi dambaan dan idaman setiap orang untuk tinggal disana. Namun, untuk menciptakan kesadaran ini, tidak semua orang punya mau dan sadar menjaga kebersihan itu.

Sebetulnya, kebersihan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga masyarakat yang berdomisili wilayah atau tempat di sekitarnya.

Biasanya, lingkungan bersih dan asri identik dengan desa. Lain halnya dengan kehidupan di kota yang banyak polusi, baik sampah maupun udara yang bikin orang sesak nafas.

Baiklah, berikut ini akan kami diulas tiga desa yang tercatat paling bersih di dunia sebagaimana dikutip dari laman boombastis.com.

1. Desa Giethoorn

Desa yang terletak di Overijssel, Belanda ini dikenal sangat asri lantaran bebas polusi dan asap kendaraan bermotor. Tentunya hal itu sangat beralasan, pasalnya di desa ini tidak ada jalan raya di melintasi desa Giethoom ini.

Hanya ada kanal-kanal dan jalan setapak yang diperuntukkan bagi pejalan kaki. Sedangkan akses utama transportasi di desa ini adalah sebuah kanal sepanjang empat kilometer.

Saking asrinya, desa dengan pepohonan rindang, yang berpenduduk sekitar 2.620 orang ink mendapat julukan ‘Venesia dari Belanda’. Tak hayal, desa inipun terkenal dan menjadi salah satu objek wisata terpopuler di negeri kincir angin tersebut.

2. Desa Mawlynnong

Desa Mawlynnong Meghalaya, desa ini yang terletak di India. Desa ini juga mendapat predikat desa paling bersih di dunia. Sebab, desa ini banyak ditumbuhi tanaman dan bunga-bunga cantik di sekitarnya.

Tak ada sedikitpuntumpukan ataupun sampah yang bertebaran di jalan-jalan di desa Mawlynnong Meghalaya ini.

Di setiap sudut jalan disediakan tempat sampah yang terbuat dari bambu. Di sejumlah ruas jalan, juga dipasangi papan peringatan berukuran besar yang melarang masyarakat membuang sampah sembarangan.

Selain memang peduli lingkungan, warga dan para relawan sangat rajin menyapu jalanan secara rutin hingga desa berpenduduk 500 jiwa itu senantiasa bersih dari berbagai sampah.

Budaya hidup bersih ini, ternyata sudah diterapkan di desa ini sejak 130 tahun silam. Berawal ketika wabah kolera melanda desa ini, seorang pendeta mengatakan pada nenek moyang para warga bahwa menjaga kebersihan badan, makanan, rumah, dan lingkungan bisa melindungi diri mereka dari kolera.

Sejak saat itulah mereka benar-benar menjaga kebersihan dan bahkan melarang wisatawan datang ke wilayah mereka. Dan baru pada tahun 2003 larangan tersebut dihapus.

3. Desa Penglipuran

Desa Panglipuran bermaknya Desa tempat menghibur, atau hiburan. Desa ini berada di Indonesia. Desa ini dekenal dengan desa yang bersih dan asri.

Desa Penglipuran terletak di pulau Bali atau yang serinh kota kenal dengan sebutan Pulau Dewata.

Desa kecil ini terkenal bersih dan asri dengan kehidupan tradisionalnya yang tetap lestari.

Ratusan rumah bergaya tradisional di desa itu nampak berderet rapi di jalanan menanjak. Track jalan terbuat dari batu alam dan dikelilingi bunga warna-warni.

Hebatnya, warga melarang mobil dan sepeda motor masik ke area desa sehingga ini sehingga lingkungannya bebas polusi dan udara terasa sangat segar. (uky/waroxs)