Komisi C DPRD Ponorogo Sidak Tanggul Sungai di Desa Maguhan Sambit Yang Jebol

PONOROGO (kotareyognews.net) - Jebolnya tanggul sungai di Desa Maguhan Kecamatan Sambit, beberapa hari lalu, karena tidak mampu menampung derasnya. Kejadian itu membuat beberapa rumah tergenang air dan sempat membuat panik warga. Sungai yang tanggulja jebol merupakan pertemuan dari 3 sungai di kawasan tersebut. Usai kejadian tersebut, hari ini Komisi C DPRD Kabupaten Ponorogo bersama BPDB serta Dinas PU melakukan sidak dilokasi tersebut.

Sidak langsung dipimpin oleh Ketua Komisi C, Ir. Moh. Erkhamni. M.Si. Anggoya DPRD bersama BPBD ini sempat melakukan pengukuran secara langsung di lokasi kejadian guna mengetahui tanggul yang jebol setinggi 5 meter dan panjang 10 meter tersebut.

Mereka juga melakukan pemantauan terhadap sejumlah rumah warga yang ikut terendam dan 2 kandang hewan ternak warga yang sempat rusak saat terjadi banjir kemarin lisa.

Menurut penuturan perangkat desa setempat, tanggul tersebut sudah tiga kali ini jebol akibat diterjang banjir. Penyebabnya adalah sungai Maguhan merupakan pertemuan dari sejumlah sungai sehingga debit air disungai tersebut meningkat saat musim penghujan seperti saat.

Saat ini Pemerintah sudah mempersiapkan anggaran untuk pembangunan tanggul sungai Maguhan. Agendanya tanggul tersebut akan dibangun secara permanen agar masyarakat setempat merasa aman.

Saat ini tanggul yang jebol sudah dilakukan penutupan dengan ratusan karung pasir yang dilakukan secara gotong royong oleh warga yang dibantu personil TNI serta relawan.

“ Karena ini darurat, pembangunan tanggul di Desa Maguhan harus segera dilakukan agar bencana banjir tidak terulang sekaligus mengantisipasi keresahan warga menyusul intensitas hujan yang masih relatif tinggi,” terang Erkhamni.

Tanggul di sungai Maguhan Kecamatan Sambit ini hancur pada tanggal (28/2/2016) saat hujan deras terjadi di wilayah kecamatan Sawo, Sambit dan sekitarnya.

Sedikitnya duapuluh lima rumah warga terendam dan dua kadang ternak juga ikut terendam dan serta mengalami kerusakan yang cukup parah. (waroxs)