Kotak Amal Unik Untuk Pembangunan Jalan di Ponorogo

PONOROGO (kotareyognews.net) - Tampaknya warga Ponorogo sudah semakin frustasi mencari solusi jalan rusak yang kian mewabah. Setiap ruas jalan di berbagai wilayah sebanyak 307 Desa  dan Kelurahan yang ada di Ponorogo bisa dipastikan mengalami kerusakan. Berbagai upaya dari pemerintah desa dengan mengharapkan program dari pemerintah tampaknya belum ada tindak lanjut.

Alhasil, warga Desa Carangrejo, Kecamatan Sampung kabupaten Ponorogo akhirnya membuat gebrakan dengan memasang kotak amal yang ditujukan kepada pengguna jalan. Kotak amal yang disediakan warga Carangrejo ini ditaruh di lokasi jalan berlubang.

Warga yang melintasi lokasi tersebut sempat dibuat heran lantaran aksi warga setempat yang dibilang konyol tapi unik.

"Tak kira kotak amal untuk pembangunan masjid atau musholla, ternyata kotak amal penggalian dana untuk pembangunan jalan rusak dan berlubang," ungkap Agus usai melintasi jalur tersebut, Sabtu (13/03/2016)

Aksi warga tersebut kata Agus kemungkinan besar disebabkan karena warga setempat sudah merasa jenuh dan sangat terganggu dengan kondisi jalan yang kian hati kian parah kondisinya.

"Ini sangat unik san baru pertama kali saya menjumpai yaitu di Ponorogo. Mungkin warga sudah nggak betah menikmati jalanan berlubang dan mengambil ide penggalangan dana dengan memasang kotak amal di jalan rusak," terangnya.

Memang saat ini kondisi jalan rusak merupakan ikon kabupaten Ponorogo. Dan aksi warga tersebut merupakan bagian dari upaya alternatif warga untuk mendapatkan sajumlah dana.

Warga sendiri saat ini membutuhkan kenyamanan dan kelancaran transportasi untuk melancarkan ekonomi. Makanya warga mengambil inisiatif tersebut. Selain itu, kemungkinan besar sebagai bentuk keprihatinan dengan pemerintah yang belum ada upaya untuk mengucurkan anggaran untuk perbaikan jalan.

"Kita warga menginginkan pembangunan jalan ini bisa segera terwujud, agar kenyamanan pengendara dan kelancaran transportasi segera bisa dinikmati masyarakat," ujar salah seorang warga setempat yang enggan disebut namanya.

Sementara itu, Fajar seorang warga Desa Kunti seperti dilansir metroterkini mengatakan bahwa banyak warga di Kecamatan Sampung yang juga mengeluhkan hal yang sama yaitu jalan berlubang.

"Kami para warga sangat rindu jalanan yang mulus, aspal hotmiks sehingga lalu lintas lancar, ekonomi juga lancar" harapnya.

Dia berharap kepada Pemkab Ponorogo untuk segera memperbaiki jalan rusak tersebut, karena kondisinya sudah sangat parah.

"Harapan kami agar Pemkab Ponorogo segera memperbaiki jalan rusak yang penuh lubang," imbuhnya.

Seperti diketahui beberapa hari lalu Bupati Ponorogo, Ipong Muchlisoni membuka layanan pengaduan jalan rusak melalui SMS ke HP pribadinya di nomor 085259333444,

Lounching SMS pengaduan kepada bupati beberapa hari yang lalu juga menghadirkan awak media yang ada di Ponorogo. Bupati Ipong siap menerima pengaduan warga, mendengarkan keluhan warga dan merealisasi harapan dan permintaan warga terkait jalan.

"Kita siap mendengarkan keluhan warga secara langsung, dan merealisasikanya, namun tetap kita utamakan skala prioritas dulu. Mana yang lebih penting, akan kita dahulukan," kata Ipong saat lounchin SMS Canter Pemkab Ponorogo beberapa waktu lalu.