Selamatkan Mata air, Warga Munggung Tanam 60.000 Bibit Pohon

PONOROGO (kotareyognews.net) - Keseriusan Pemerintah Desa Munggung Kecamatan Pulung dalam melestarikan hutan yang merupakan salah satu penyelamat mata air ini patut mendapatkan apresiasi. Pasalnya, Desa yang dipimpin oleh Kadesa Moh Asyhari ini telah sepakat dan berkomitmen untuk menjaga kelestarian  alam dan satwa dilindungi.

Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa beserta masyarakat Desa Munggung, Kecamatan Pulung, Rabu (20/01/2016). Berbagai element masyarakat tampak kompak mengikuti kegiatan penanaman 60.000 pohon di seluruh lingkungan desa Munggung dan lokasi bersejarah yaitu pemandian Jenderal Sudirman,  ‘Sumber Banyu Towo’, Desa Munggung.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo Ir Harmanto, MMA. Selain itu juga mendapat dukungan langsung dari Subdinas Kehutanan, Muspika kecamatan Pulung  seluruh masyarakat dan perangkat desa Munggung.

Kepala Desa Munggung Moh Asyhari menyampaikan bahwa kegiatan penanaman 60.000 bibit pohon di desanya merupakan wujud komitmen pemerintah desa dalam melaksanakan Peraturan Desa (Perdes) Desa Munggung, Nomor. 03 tahun 2014 tentang konserfasi alam dan satwa dilindungi.

“Ada sekitar sepuluh jenis pohon penyimpan air dan buah yang kita tanam, dan dalam kegiatan ini kami melakukan penanaman sejumlah 40.000 benih pohon bantuan APBN, 3000 dari dinas pertanian, dan sisanya sekitar 17.000 bibit pohon dari swadaya masyarakat, total sekitar 60.000 dan alhamdulillah dari bapak Kepala Disperta, dan Subdin Kehutanan juga bisa hadir,”terangnya.

Lebih lanjut Ketua ABDESI Ponorogo ini menjelaskan bahwa sebanyak 3000 bibit pohon ditanam khusus diwilayah petilasan Jendral Sudirman atau sumber mata air pemandian Jendral Sudirman  yaitu Sumber Banyu Towo. Dan sisanya diberikan kepada masyarakat munggung sekitar 57.000 bibit pohon untuk ditanam di wilayah masing-masing.

“Kami atas nama pemerintah desa dan seluruh masyarakat desa Munggung menyampaikan terimakasih kepada Kepala Disperta Ir. Harmanto, MMA, Subdin Kehutanan Ir. Suprabto, Camat Pulung, jajaran Koramil, Polsek dan seluruh masyarakat desa Munggung. Semoga kegiatan ini kedepan mampu melestarikan alam sehingga Desa Munggung menjadi desa yang Ijo royo-royo, gemah ripah loh jinawi,’harapnya.

Sementara itu, Kepala Disperta Ir. Harmato, MMA Apresiasi Penanaman 60.000 Pohon di Desa Munggung. Kekompakan dan komitmen masyarakat desa Munggung kecamatan Pulung, Ponorogo dalam upaya  melestarikan lingkungan dengan penanaman 60.000 bibit pohon mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Terutama dari Dinas Pertanian dan Kehutanan, dan muspika Kecamatan Pulung.

“Ini luar biasa, baru desa munggung yang mempunyai Perdes tentang konserfasi alam dan perlindungan satwa. Dan jelas kami sangat mengapresiasi upaya pemerintah desa dan masyarakat dalam menjaga serta melestarikan lingkunganya,”terang Kadisperta Ir. Harmanto, MMA.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa pihaknya siap membantu dan memfasilitasi masyarakat Desa Munggung dalam konsep penyelamatan lingkungan. Selain itu pihaknya juga siap membantu memfasilitasi pembangunan titik bersejarah yang dulu merupakan tempat Istirahat dan mandi bagi Panglima Besar Jendral Sudirman.

Hal senada juga disampaikan oleh kepala Subdin Kehutanan dinas Pertanian Ponorogo Ir, Suprabto. Dia juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah desa dan masyarakat Desa Munggung yang punya kesadaran yang tinggi terhadap pelestarian lingkungan. Pihaknya selaku pihak yang membidangi kehutanan merasa bangga dengan masyarakat Munggung.

“Ini bisa menjadi percontohan bagi desa lain, karena di Munggung ini ada Perdes yang mengatur konserfasi alam dan satwa dilindungi. Berarti kita tak hawatir lagi dengan kerusakan alam atau hutan karena di tingkat Desa sudah ada peraturanya, Contohnya di Desa Munggung ini,” pungkasnya. (warok)