Rayakan Ultah ke - 7 dan Wisuda ke - III, NGAMBAR ARUM Ponorogo Gelar Wayang Kulit Trio Dalang

PONOROGO (kotareyognews.net), - Merupakan wujud kepedulian para seniman dan tokoh budaya di wilayah kabupaten Ponorogo dalam melestarikan budaya jawa warisan leluhur, Paguyuban Pranatacara dan Pemedarsabdha Ngambar Arum terus melakukan pengembangan di bidang pembawa acara atau Master Of Ceremony (MC) bahasa Jawa sejak tuju tahun silam.

Memasuki di usianya yang ketuju tahun ini, dan juga sekaligus bertepatan dengan Wisuda angkatan ke III sebanyak 16 siswa, Paguyupan Panatacara dan Pamedarsabdha 'Ngambar Arum' menggelar serangkaian perayaan bertempat di Sanggar Pawiatan Ngambar Arum, dukuh Karesan desa Dadapan, kecamatan Balong Ponorogo, Sabtu malam (27/03/2016)

Mengambil tema 'Pahargyan Ambal Warsa Kaping 7 lan Wisudha Panatacara Bregadha III' Paguyuban Panatacara dan Pamedarsabdha Ngambar Arum menggelar upacara pengukuhan 16 siswa yang telah selesai menjalani pendidikan di pawiyatan Ngambar Arum. Selain itu juga diadakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan tiga dalang yaitu Imam Purbo Sasongko dari Bungkal, Agus Prayitno dari Slahung dan Yatno Guno Carito dari Sambit dengan membawakan akon 'Paguron Sukolimo'.

Ketua panitia Darmuji, mewakili pangarsa dan sesepuh Ngambar Arum menyampaiakan selamat kepada para siswa yang telah menyelesaikan pembelajaran dan telah berhasil diwisuda. Ini merupakan bentuk niat yang kuat karena dari 19 siswa yang mengikuti pawiyatan di Ngambar Arum  hanya 16 siswa yang mampu menyelesaikan pendikan di Ngambar Arum.

Diantara 16 siswa yang telah berhasil memyelesaikan pembelajaran di Ngambar Arum angkatan ke III ini adalah Handoko Susilo, Nuri Saroni, Surasno, Keling, Hadi Carito, Samuji, Abidin Zunaidi, Kusni, Banun Aji Baskoro, Agus Setiawan, Ersa Ciptaningrum, Yudha Dennis Manggara, Nuryadi,  Sumadi, Aru Saputra,  Mugianto dan Lala Sartian.

"Kami ucapkan selamat kepada 16 siswa yang telah menyelesaiakn pendidikan Panatacara dan Pamedarsabdha di Ngambar Arum. Semoga ilmu yang didapat benar - benar bisa beanfaat dan semoga semuanya bisa laris," harapnya.

Lebih lanjut darmuji menyampaiakan bahwa setelah wisuda Bregadha III ini, Paguyupan Panatacara dan Pamedarsabdha 'Ngambar Arum' membuka pendaftaran peseta atau pawiyatan baru  Bregadha IV di tahun 2016. Bagi masyarakat Ponorogo yang ingin mengikuti pawiyatan di Ngambar Arum bisa langsung mendaftaran diri di Sanggar Pawiatan Ngambar Arum, dukuh Karesan desa Dadapan, kecamatan Balong Ponorogo.

Turut hadir dalam acara Pahargyan Ambal Warsa Kaping 7 lan Wisudha Panatacara Bregadha III, Paguyuban Panatacara dan Pamedarsabdha Ngambar Arum, Kepala Desa Dadapan, seluruh pengurus pangarso Dwijo Ngambar Arum, para tokoh dan pengurus Pepadi, para budayawan, para juru Rias, Seniman, dan para penggiat seni di kabupaten Ponorogo. (warok)