Jembatan Anjlok, Jalur Desa Pangkal - Ponorogo Putus

PONOROGO (kotareyognews.net) - Jembatan penghubung antara desa Pangkal kecamatan Sawo menuju jalan raya jalur Trenggalek - Ponorogo anjlok dan dipastikan tidakbisa dilewati kendaraan. Anjloknya jembatan penghubung ini karena tiang penyangga bagian tengah jembatan patah akibat diterjan banjir, Rabu (11/05/2016).

"Kemarin wilayah Kecamatan Sawoo terjadi hujan lebat,  sehingga debit air sungai yang berada di Desa Pangkal naik. Sehingga tiang penyangga bagian tengah jembatan patah diterjang banjir," unjar warga sekitar jembatan.

Kondisi jembatan saat ini mengalami ambles dan patah ditengah. Itu disebabkan karena tiang penyangga bagian tengah telah hanyut diterjang banjir. Akibat patahnya kembatan penghubung tersebut, dipastikan warga desa Pangkal terisolir dan kesulitan melakukan aktifitas keluar wilayah pangkal. Khisusnya dengan mengendarai mobil dan motor.

"Warga jadi tak bisa kemana - mana mas, lha wong jembatan gak bisa dilewati. Ekonomi juga macet mas pedagang kami tidak bisa mebgirim daganganya," imbuhnya.

Sementara itu Kapolsek Sawo AKP Sudaroini dalam keteranganya membenarkan jika jembatan penghubung desa Pangkal telah putus. Tiang penyangga ditengah jembatan telah hanyut terbawa arus sungai yang cukup deras. Dipastikan jembatan tersebut saat ini todak bisa dilewati

“Memang kemarin sore hujan cukup deras dan mengakibatkan banjir cukup besar. Akibatnya tiang tengah penyangga jembatan diduga tergerus sebelum hanyut dan jembatan ambruk,”ucap Kapolsek.

Putusnya jembatan yang saat ini  tidak bisa dilewati pengguna jalan tersebut, dipastikan sebanyak sekitar 600 jiwa, warga 8 RT di Desa Pangkal terisolir. Itu karena jalan yang terputus tersebut merupakan akses satu-satunya penghubung antara Desa Pangkal menuju jalan protokol Ponorogo-Trenggalek, bahkan tak ada jalur alternatif lainya yang bisa digunakan warga.

Patahnya badan jembatan ini, menyebabkan kerugian materi sekitar Rp 400 juta. Itu belum termasuk kerugian dampak dari aktifitas perekonomian warga yang juga macet karena jalan tak bisa dilewati. (warok)