Klaim Pencetak Koruptor, HMI Ponorogo Tuntut Situmorang Cabut Kata - Katanya

Aksi Demo HMI Ponorogo di depang gedung DPRD
PONOROGO (kotareyognews.net) - Statement Saut Situmorang dalam acara Talk Show yang bertajuk 'Harga sebuah Perkara' yang ditayangkan sebuah TV Swasta pada, Kamis malam (05/05/2016) silam, menuai kontrofersi dikalangan Mahasiswa khususnya mereka yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Pasalnya dalam pernyataan itu Saut menyinggung Mahasiswa cerdas yang berubah menjadi koruptor ketika ia duduk di pemerintah.

Dia mengambil satu contoh yaitu LK - 1 yang merupakan pengkaderan paling dasar ditubuh HMI sebagai pengkaderan mahasiswa cerdas. Dia menyatakan kalau HMI LK - 1 tapi ketika menjadi pejabat mereka korup dan jahat. Itulah pernyataan yang mbikin mahasiswa HMI di seluruh Nusantara geram. Pernyataan itu dinilai dinilai tidak pantas keluar dari mulut seorang pejabat Negara.

Itulah yang memicu berbagai gerakan aksi unjuk rasa dari kalangan Mahasiswa HMI. Mereka menuntuh Saut Situmorang mencabut kata - katanya karena pernyataan itu melukai HMI.

"Kami menuntut Saut Situmorang minta maaf dan mindur dari KPK. Pernyataanya tidak pantas diungkapkan oleh pejabat seperti Saut Situmorang. Tidak ada ajaran dalam LK - 1 yang mendidik HMI untuk menjadi koruptor. Jika ada itu hanyalah segelintir oknum dan tidak ada kaitanya dengan HMI," ucap Yudi Wiyono dalam aksi bersama pulihan aktifis HMI di depan gedung DPRD Ponorogo Senin (09/05/2016).

Diketahui Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ponorogo menggelar aksi demontrasi mulai dari bunderan Pasar legi Songgolangit. Kemudian masa menuju ke  Gedung DPRD Kabupaten Ponorogo jalan aloon - aloon timur Ponorogo. Di gedung dewan ini massa ditrima oleh pejabat DPRD Ponorogo. Puas di DPRD Ponorogo, massa menuju Mapolres Ponorogo.

“Aksi kita kali ini menuntut Saut Situmorang mundur. Pernyataan Saut Situmorang, membuat kader HMI marah dan kesal, karena tidak semua kader HMI melakukan korupsi, kami menuntut Saut Situmorang agar meminta maaf di media online dan televisi selama lima hari berturut turut,” ucap sekertaris umum HMI Cabang Ponorogo, Bangkit Giri Santoso.

Sementara itu di Mapolres Ponorogo, puluhan mahasiswa ini bermaksut melaporkan Saut Situmorang atas pernyataanya yang dianggap telah menghina organisasi Himpunan Mahasiswa Islam tersebut. Rombongan Mahasiwa HMI ini diterima beberapa perwakilan Kapolres Ponorogo. Sedangkan terkait laporan anggota HMI, pihak polres Ponorogo menyampaikan bahwa pihaknya telah menerima aspirasi HMI Ponorogo. Namun terkait laporan pihak Polres Ponorogo terkendala dengan lolasi kejadian atau TKP yang bukan di Ponorogo.

“Aspirasi mereka tetap kita terima, namun kita berikan pemahaman atas proses hukum ini. Pelporan kita arahkan, karena locus delicty-nya bukan di Ponorogo, akan tetapi di Jakarta,” ucap Kasatreskrim Polres Ponorogo, AKP Rudy Darmawan kepada wartawan. (warok)