Berawal Dari Facebook, Polres Ponorogo Berhasil Tangkap Penjual Bahan Peledak

PONOROROGO - Setelah beberapa hari sebelumya berhasil menangkap tiga pelaku penjual bersama barang bukti 12 kilogram bahan peledak (material bahan petasan). Jajaran Satuan Intelijen Kamtibmas (Intelkam) Polres Ponorogo kembali menangkap dua orang pelaku pejual bahan peledak di dua tempat, Desa Gandukepuh, kecamatan Sukorejo dan desa Ngunut kecamatan Babadan, Jumat (17/06/2016)

Informasi yang berhasil dihimpun kotareyognews.net, penangkapan kedua pelaku ini sekitar pukul 16.00 WIB. Berawal saat petugas Unit V Sat Intelkam Polres Ponodogo membuka akun di forum jual beli online di Facebook.

Kemudian di forum tersebut ditemukan akun penjualan obat serbuk petasan yang akan melakukan negosiasi. Selanjutnya dilakukan perjanjian transaksi bertempat di 2 TKP yaitu Desa Gandukepuh, kecamatan Sukorejo dan desa Ngunut kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo.

Mengetahui hal itu, Sat Intelkam Polres Ponorogo langsung melakukan pelacakan di dua TKP tersebut. Dan benar, tiga pelaku sedang melakukan transaksi di tempat tersebut. Akhirnya polisi langsung melakukan penangkapan kepada pelaku, namun satu orang pelaku berhasil kabur dan saat ini masih dalam pengejaran pihak Polisi.

Baca juga : 
Gila, Sebanyak 12 Kilogram Bahan Peledak Berhasil Diamankan Polres Ponorogo

Kasubag Humas Polres Ponorogo saat dikonfermasi, membenarkan bahwa pihaknya telah melakukan penangkapan dua prang pelaku penjual bahan material petasan di dua tempat.

"Pelaku berinisial AR (17) warga RT: 02, RW: 01 dukuh Krajan, Desa Kranggan, Kecamatan Sukorejo ditangkap di Depan SDN.1 Desa Gandu Kepuh, ZAE warga RT: 02, RW: 01 dukuh Mlancar, desa Gegeran, Sukorejo ditangkap di Jalan Raya Poonorogo - Babadan, desa Ngunut Kecamatan Babadan, dan seoran pelaku DWI (17) berhasil melarikan diri," terangnya.

Lebih lanjut, AKP Harijadi mengatakan bahwa dari tangan pelaku AR pihaknya berhasil mengamankan 2 kilogram serbuk petasan dan satu ikat sumbu petasan. Dan dari tangan ZAE, pihaknya berhasil mengamankan 2 kilogram petasan dan 2 ikat sumbu petasan.

"Total barang bukti yang kita amankan sekitar 4 kilogram serbuk material petasan dan 3 ikat sumbu petasan," paparnya.

Atas perbuatanya, kedua pelaku saat ini diamankan di Mapolres Ponorogo guna dilakukan penyelidikan dan pemgembangan lebih lanjut. (warok)