Nilai UNAS Tertinggi SMP Ponorogo Diraih SMPN 1 Badegan

PONOROGO (kotareyognews.net) - Para Siswa ekolah Menengah Pertama (SMP) telah menyelesaikan Ujian Nasional (UNAS). Hasil dari belajar para siswa sudah mulai kelihatan termasuk hasil dari kerja guru dalam memberikan materi kepada anak didik mereka.

Sementara itu, Di Ponorogo tahun ini tampak ada perubahan dan pergeseran tingkat keberhasilan baik siswa maupu guru dalam proses belajar mengajar. Siswa SMP yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan di Kabupaten Ponorogo justru yang mendapatkan keberhasilan memperoleh nilai tertinggi.

Fakta inilah yang mungkin bisa diambil kesimpulan bahwa justru anak desa memang lebih serius dalam belajar karena mereka lebih fokus dan tidak terkontaminasi dengan kondisi kemajuan zaman yang kerap berdampak negatif bagi siswa. Hasil dari UNAS Ponorogo tahun ini, hampir separo lebih siswa SMPN 1 Badegan mendominasi 10 besar tertinggi di Ponorogo.

Lainya, siswa yang justru berada di kota, dengan fasilitas yang cukup, justru malah anjlok dan harus mengakui keunggulan para siswa yang ada di pedesaan.

"Hasil Unas 2016 ini memang sedikit mengejutkan. Nilai tertinggi 387 justru diraih oleh siswa SMPN 1 Badegan," katan PLT Dinas Pendidikan Ponorogo seperti dikutip di situs beritajatim.com, Senin (13/6/2016).

Tutut menambahkan, SMPN 1 Badegan mampu menaruh tiga siswanya di posisi lima besar. Sementara SMPN 1 Ponorogo hanya mampu menaruh siswanya di posisi empat serta SMPN 2 Ponorogo di posisi tiga.

Dari nilai UNAS tahun 2016 ini, Tutut tak menampik bahwa Ponorogo jauh dari harapan. Karena tahun ini Ponorogo tak mampu meraih 10 besar seperti tahun lalu.

Meskipun demikian, dia mengatakan bahwa penurunan taun ini adalah secara Nasional. Seluruh lembaga pendidikan di Indonesia mengalami penurunan.

Dari hasil lima besar nilai Unas Tertinggi SMP di Ponorogo dia menjelaskan bahwa tahun ini nilai tertinggi diraih oleh Dimas Agung Prayogo (SMPN 1 Badegan) dengan nilai 387, dilanjutkan posisi ke dua Egin Tohana Air Muqsiqin (SMPN 1 Badegan) dengan nilai 386, Intan Fransisca Fitriani (SMPN 2 Ponorogo) nilai:  383,5, Friska Meliniar Alvian (SMPN 1 Ponorogo) nilai: 383, dan posisi kelimadiraih Yayuk Puji Lestari (SMPN 2 Badegan) dengan nilai: 383. (warok)