Puncak BBGRM ke - XIII dan HKG – PKK ke 44 Tingkat kabupaten Ponorogo Digelar Di Desa Kupuk

PONOROGO (kotareyognews.net), - Puncak Peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XIII dan HKG – PKK ke - 44 Tingkat kabupaten Ponorogo digelar di Desa Kupuk Kecamatan Bungkal, Senin(30/05/2016).

Ketua Panitia Drs. Najib Susilo. MM. selaku ketua panitia penyelenggara mrngatakan bahwa acara tersebut digelar berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor : 42 Tahun 2005 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat. Sedangkan tujuan acara tersebut untuk mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan, ketertiban, keamanan yang kondusif sehingga pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, menurut Najib, acara tersebut juga demi meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, berkeluarga dan kegotong royongan menuju integritas sosial melalui kegiatan kegiatan gotong royong dalam pelaksanaan pembangunan.

Sementara itu, Bupati Ponorogo  H, Ipong Muchlissoni menyampaikan bahwa gotong royong itu adalah sifat dasar dari  masyarakat Indonesia, gotong royong itu adalah satu satunya perilaku masyarakat di dunia ini yang ada hanya di Indonesia.

"Ini sebuah sifat perilaku yang sangat baik, dengan kegotong royongan banyak hal yang sulit diselesaikan itu bisa diselesaikan. Dengan memperingati bulan bakti gotong royong ini harapan kita kedepan gotong royong ini mampu menciptakan produktifitas efisiensi dari kegiatan kegiatan ekonomi masyarakat, dengan kegotong royongan diharapkan terjadi suatu keadaan dimana keguyupan  melahirkan sebuah manfaat ekonomi," ujarnya.

Dalam acara tersebut, Bupati Ipong juga  menyerahkan penghargaan kepada para pemenang lomba yang digelar dalam rangka peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke 13 dan  HKG PKK ke - 44.

Para pemenang lomba desa tingkat kabupaten Ponorogo yaitu: juara I desa Kupuk Kecamatan Bungkal, Juara II desa Pupus, Kecamatan Ngebel, Juara III desa Ngampel Kecamatan Balong. Juara harapan I. Desa Prajekan Kecamatan Sukorejo. Juara Harapan II desa Kemuning Kecamatan Sambit dan Juara harapan III desa Tumpak Pelem Kecamatan Sawo.

Kepada juara I, pemkab Ponorogo memberikan hadiah dan uang pembinaan sebesar 125 juta, sedangkan juara II uang pembinaan 50 juta dan juara III uang pembinaan 40 juta.
Turut hadir dalam acara tersebut seluruh jajaran Forpimda kabupaten Ponorogo, Muspika Kecamatan Bungkal, para pejabat SKPD, para kepala desa se- Kabupaten Ponorogi, Team penggerak PKK dan tokoh masyarakat di Kecamatan Bungkal. (warok)