Antisipasi Kemacetan, Sejumlah Jalur Lalu Lintas Ponorogo Dialihkan

PONOROGO (kotareyognews.net) - Malam H + 3 diprediksikan sebagai puncak dari kepadatan di beberapa ruas jalan sekitar aloon - aloon Ponorogo. Hal itu disebabkan dari faktor kesibukan masyarakat dalam perayaan lebaran yang sudah mulai berkurang dan aktifitas masyarakat sudah cenderung untuk keluar rumah hanya untuk melepaskan kepenatan dan mencari hiburan bersama keluarga di beberapa tempat perbelanjaan maupun di aloon - aloon.

Hal itu yang menjadi acuan dari jajaran Satlantas Polrss Ponorogo untuk mengantisipasi kepmacetan di jalur seputar aloon - aloon Ponorogo.

"H + 3 malam ini diperkirakan akan ada kepadatan arus diseputar Aloon - aloon Ponorogo dan sepanjang jalan di depan SMK 1 Jenangan. Jika ini terjadi maka akan ada pengalihan jalur lalu lintas," ujar Kasat Lantas AKP Andi Yudha Pranata Siboro, Jumat (08/07/2016).

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa untuk mengantisipasi kemacetan tersebut pihaknya akan melakukan rekayasa dan pengalihan jalur. Seperti di depan SMK 1 Jenangan, di perempatan Pasarpon ketimur dan utara SMK akan diberlakukan pembatasan arus. Sedangkan pengalihan arus, lanjut Siboro, akan diberlakukan di pertigaan Sudirman - Gatotkoco.

"Ruas jalur Sudirman sampai depan Damri menjadi lokasi parkir kendaraan Roda 4. Untuk menghindari kemacetan, jalur kita alihkan," paparnya.

Selain beberapa ruas tersebut, di pertigaan Jenes sampai depan Artomoro, Perempatan Tambak Bayanbarus dari Wonogiri, perempatan Keniten arus dari Beduri & arus dari Magetan juga menjadi pusat kepadatan.

"Perempatan tambak bayan, arus lalu lintas dari Wonogiri terdapat antrian panjang. Sedangkan perempatan Keniten yang menjadi titik pertemuan arus dari Beduri dan arus dari Magetan, sehingga akan ada pengalihan di pertigaan Gupolo," terangnya.

Untuk kelancaran perjalanan, pihaknya menghimbau kepada pengguna jalaan untuk menghindari ruas jalan dengan kepadatan yang berpotensi macet dan untuk mengikuti pengalihan arus.

"Bagi pengendara roda 4, jika hendak ke aloon - aloon, vdisarankan untuk lewat jalur di Jln. Diponegoro dan parkir di Aloon - aloon timur, atau Jl Jaksa Agung parkir di aloon - aloon timur atau Jl Sudirman dan parkir di Poper atau di Keraton," pungkasnya. (warok)