Balap Liar Jalan Ir. H. Juanda Ponorogo Didominasi Pemuda Pinggiran

PONOROGO (kotareyognews.net) - Razia balap liar yang digelar Minggu dini hari (31/07/2016) berhasil mengamankan belasan motor berkenalpot brong dan sudah dimodifikasi ala pembalap. Mereka kawanan pemuda ini sering kali menggelar taruhan dan adu kecepatan motor mereka di Jalan Ir. H. Juanda barat perempatan Jeruksing ponorogo.

"Mereka yang kita amankan yang ketangkap tangan sedang kebut kebutan dengan kendaraan yang tidak memenuhi spektek yang disyaratkan undang-undang lalulintas," terang Kabag Ops Polres Ponorogo Kompol Eko Chondro.

Menurutnya rata- rata yang terjaring dalam razia kali ini adalah para pemuda dan tak sedikit yang masih sebagai pelajar. Selain itu mereka rata - rata jiga pemuda dari pinggiran kota.

"Dalam razia kali ini rata- rata pemuda dan masih berstatus pelajar. Dan justru mayoritas dari mereka malah berasal dari pinggiran kota. Termasuk tadi ada yang dari Pulung, Sawo dan lain- lain. Yang jelas mereka bukan berasal dari dalam Kota," paparnya.

Dari razia tersebut, lanjut Eko, mereka yang terjaring terpaksa motor mereka langsung dibawa ke Mapolres Ponorogo.

"Kendaraannya langsung kami dibawa ke Mapolres Ponorogo untuk disita sementara. Nanti kota akan panggil orang tua mereka dan akan kami beri arahan dan pembinaan," tambahnya.

Polres Ponorogo sendiri lanjutnya, saat ini telah melakukan pembinaan terkait etika berkendara dikalangan pelajar. Sangat disayangkan jika masih saja ada balap liar di Jalan Ir. H. Juanda.

"Kita telah melakukan berbagai upaya, termasuk ke sekolah - sekolah. Kita sudah lama bekerja sama dengan pihak sekolah untuk memberikan sosialisasi tentang etika berkendara," paparnya.

Lebih lanjut dia menegaskan bahwa razia balap liar akan terus digelar secara rutin tiap malam minggu dan malam - malam yang lain, terutama dalam rangka Operasi Cipta Kondisi jelang HUT Ponorogo tahun ini.

"Kami selalu menempatkan tim kami di lokasi yang sering dipakai untuk ajang balap liar. Setiap saat tim yang lain akan siap melakukan pengamanan," paparnya. (warok)