Bersih Desa Kunti Bungkal Ponorogo Digelar Tiga Hari, Puncaknya Semar Bangun Kayangan

PONOROGO (kotareyognews.net) - Dalam rangka Bersih Desa dan peringatan HUT RI ke - 71, pemerintah Desa dan masyarakat desa Kunti kecamatan Bungkal kabupaten Ponorogo mengelar serangkaian kegiatan selama tiga hari sejak tanggal 12 - 15 Agustus 2016. Hal itu merupakan wujud syukur atas karunia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, karena hingga saat ini Desa Kunti masih diberi keamanan dan ketentraman.

Menurut Kades Kunti  Supryono, kegiatan dalam rangka peringatan HUT RI dan Bersih Desa Kunti diawali dengan berbagai kegiatan perlombaan oleh ibu -ibu PKK pada, Jumat 12 Agustus 2016. Kemudian pada malam harinya dilanjutkan dengan kegiatan keagamaan simaan Al Quran, diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat desa Kunti dan dilanjutkan dengan Istighotsah dan doa bersama.

Tak hanya itu, pada Minggu 14 Agustus 2015 diadakan pagelaran seni reyog Singo Wijoyo desa Kunthi, kemudian dialnjutkan pada Senin 15 Agustus 2016 penampilan seni gajah Tlogo Mulyo desa Kunti, dan puncaknya dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk oleh dalan Ki Guritno Purbo Carito dengan mengambil lakon Semar Mbangun Kayangan.

"Malam ini adalah puncak dari kegiatan Bersih Desa Kunti. Atas nama pemerintah desa, kami menyampaiakan ucapan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Kunti yang telah mensukseskan seluruh rangkaian kegiatan bersih Desa dan Peringatan HUT RI ke - 71 sejak tanggal 12 hingga 15 malam ini," ucap Supriyono sebelum Pagelaran wayang Kulid dimulai.

Lebih lanjut Supriyono juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat desa kunti, termasuk para tokoh dan pemuda karang taruna desa kunti yang telah mendukung sepenuhnya seluruh rangkaian peringatan Bersih Desa dan peringatan HUT RI ke - 71 di Desa Kunti.

Dia berharap, selain sebagai wujud kecintaan terhadap NKRI dan syukur dari masyarakat desa kunti, kegiatan tersebut juga bisa meningkatkan kerukunan antar warga, juga bisa meningkatkan sinergitas antara pemerintah desa Kunti dan masyarakat.

"Semoga kegiatan bersih desa seperti ini bisa terus kita laksanakan setiap tahun, sehingga bisa mempererat tali silaturahmi antara warga Kunti, yang nantinya akan membawa kekompakan dan kemajuan desa Kunti," ungkapnya.

Sementara itu, dari pantauan Media Mataraman, seluruh rangkaian kegiatan bersih desa dan peringatan HUT RI ke - 71 yang digelar pemerintah desa dam masyarakat desa Kunti berlangsung sangat meriah. Warga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan baik pagelaran hiburan kesenian maupun ritual keagamaan.

Bahkan pada puncak kegiatan pagelaran wayang kulit yang digelar di lapangan SDN Kunti, penonton terlihat membanjiri lokasi sehingga dan sebagian penonton yang tidak kebagian tempat rela berada di jalan desa menyaksikan pagelaran  melalui layar lebar yang disediakan panitia..  (warok)