Dentuman Yang Gegerkan Warga Ponorogo Bukan Bom Atau Pesawat Jatuh Tapi Suara F - 16

PONOROGO (kotareyognews.net) - Kerasnya suara dentuman seperti Bom meledak, sempat mengagetkan warga Ponorogo, Selasa (30/8/2016). Mereka mengira bahwa suara dentuman pada siang hari sekitar pukul 12.40 WIB itu benar -benar suara ledakan Bom.

Informasi yang berhasil didapat kotareyognews.net dari berbagai jejaring sosial, ternyata suara dentuman keras di langit Ponorogo itu juga tersengar di wilayah lain sekitar Karesidenan Madiun. Bahkan beberapa akun Facebook menyatakan bahwa suara tersebut juga terdengar di wilayah Solo Raya Jawa Tengah.

Akun lain juga memberikan pernyataan bahwa di wilayah Sragen, Karanganyar, dan Sukoharjo juga terdengar jelas. Ada juga akun lain warga Klaten juga mendengar suara tersebut dengan jelas.

"Tadi ada suara seperti meledak area sukoharjo ada apa ya ? menowo ada yg rumahe sukoharjo," tulis Khosyi Tri Yassar seperti dikutip di laman tribunews.

Setelah usut punya usut, ternyata suara dentuman tersebut ternyata suara pesawat F-16 milik TNI Angkatan Udara yang sedang berlatih di sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Jadi pesawat kami sedang berlatih pertempuran udara. Itu dari Lanud Iswahyudi,” kata Kepala Dinas Penerangan Mabes TNI Angkatan Udara Marsma Jemi Tri Sonjaya.

Dia juga menjelaskan bahwa suara tersebut adalah latihan pesawat F-16 yang merupakan pesawat canggih buatan Amerika Serikat dalam melakukan misi latihan menghindari tembakan sehingga menimbulkan suara yang luar biasa.

“Ada 10 pesawat misi latihan dalam rangka, escape mengindari tembakan. Kecepatannya masuk melebihi kecepatan suara, supersonic,” kata Jemi dikutip dari laman Facebook Info TNI.(warok)