Di Gelang Kulon, Sampung, Kabupaten Ponorogo Ibas Sosialisasi RUU Seni dan Budaya

PONOROGO (kotareyognews.net) - Anggota komisi X DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab disapa Ibas, melanjutkan lawatanya dalam rangka reses ke Desa Gelang Kulon, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Kamis (20/08/2016).

Kedatangan putra Sulung mantan Presiden RI ke - 6 Susilo Bambang Yudhoyono yang akan menggelar Sosialisasi RUU Seni dan Budaya ini disambut antusias warga. Bahkan, Ibas juga diangkat di atas dadak Merak sebagai penghormatan terhadap wakil rakyat yang juga membidangi kesenian dan budaya ini.

Tak hanya itu, seni karawitan dan tari gambyong oleh putra putri terbaik desa Gelang Kulong yang pernah meraih juara di tingkat Kabupaten juga ditampilkan di hadapan EBY beserta rombongan.

"Kehadiran kami ditengah - tengah masyarakat desa Gelang kulon untuk mensosialisasikan rancangan undang-undang seni dan kebudayaan nasional. Karena undang-undang ini yang akan menjadi kerangka hukum untuk berpijaknya seni dan kebudayaan kita agar terus berkembang,"terang Ibas dihadapan warga dan para seniman Desa Gelang Kulon.

Ibas juga mengatakan bahwa pihaknya akan ikut mendorong agar Undang - undang yang sedang dibahas agar tidak kaku, sehingga dari undang-undang tersebut, setiap pelaku budaya juga memiki hak dan kewajiban memiliki dan melestarikannya.

"Tanggung jawab pelestarian budaya bukan hanya pemerintah, tetapi semua memiliki tanggung jawab dalam pelestariannya. Kita memiliki beragam budaya mari kita lestarikan, dari perbedaan seni dan budaya, kita tetap satu jua berkebangsaan indonesia. Sesuai dengan bhineka tunggal ika, berbeda-beda tetapi tetap satu juga," pungkasnya.

Sementara dalam kunjungan kali ini, Ibas juga menyempatkan diri melihat Posyandu desa Gelang Kulon dan memberikan sejumlah bantuan gizi tambahan bagi balita dan ibu hamil.

Turut hadir menyambut kedatangan Komisi X DPR RI ini, kepala Desa Gelang Kulon beserta perangkat, seluruh seniman di desa Gelang Kulon, para siswa di lembaga sekolag yang sada di Gelang Kulon, muspika, dan lapisan masyarakat Desa Gelang Kulon (warok)