Ibas Kunjungi Peternak Cacing Ponorogo Yang Telah Sukses Membuat Obat Herbal

PONOROGO (kotareyognews.net) - Sebuah terobosan warga Ponorogo yaitu beternak cacing. Meskipun terkesan menjijikkan, namun ini merupakan hal yang baru dan sangat menguntungkan. Selain menguntungkan, ternyata cacing tanah adalah salah satu binatang yang bisa diolah menjadi bahan obat herbal yang paling mujarab bagi penderita tifus, masuk angin, mag, asam lambung dan lain lain.

Itulah sebabnya, anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) tertari untuk menyapa para peternak cacing di desa Japan, kecamatan Babadan, kabupaten Ponorogo dalam rangka reses kali ini, (10/07/2016).

Menurut Ibas, adanya komunitas peternak cacing di desa Japan merupakan terobosan baru yang bisa dibilang berhasil dan sukses. Karena dengan pengembangan yang baru berusia tuju bulan, para peternak cacing tersebut sudah punya pasar dan pengembangan yang cukup luas.

"Ini adalah hal yang luar biasa, masyarakat Ponorogo punya kreatifitas beternak cacing dan membuatnya menjadi obat yang sangat mujarab untuk menghilangkan masuk angin, mag, asam lambung tifus, dan lain lain," ujar Ibas.
Ibas didampingi Edi iswahyudi, Miseri Efendi, Widodo dan
Ninik Sulistyaningsih

Lebih lanjut putra bungsu mantan Presiden RI ke - 6 ini mengatakan bahwa dirinya menyarankan kepada komunitas peternak cacing di Ponorogo agar terus dan  tekun dalam pengembangan budidaya cacing tersebut. Karena tidak dilarang oleh MUI mengingat khasiat dan kegunaan biatang yang hidup di tanah tersebut sudah tidak diragukan.

"Inilah kebesaran Sang Pencipta, diat menciptakan sesuatu di muka bumi ini pasti ada guna dan manfaatnya. Tinggal kita manusia yang menggalingali manfaat tersebut," ujar Ibas.

Pada kunjungan tersebut Ibas juga menyempatkan untuk melihat secara langsung lokasi budidaya cacing dan proses pembuatan obat tradisional oleh warga desa Japan. Bahkan dia juga menyempatkan diri untuk minuman kopi kesehatan tradisional yang dabuat oleh komunktas peternak cacing desa Japan.

"Mudah - mudahan usaha mikro dan menengah di desa Japan ini terus berkembang untuk menopang perekonominan masyarakat. Jangan lupa untuk segera mendaftarkan diri ke badan POM agar khasiatnya benar- benar layak untuk diperjual belikan," pungkasnya.

Sementara itu, selain melihat lokasi peternak cacing Ibas juga memberikan sejumlah bantuan kepada peternak cacing. Tak hanya itu, Ibas juga menyerahkan bantuan makanan dan gizi tambahan bagi balita dan ibu hamil di Posyandu desa Japan. (warok)