Ibas Sowan Ulama dan Nyekar Makam Mbah Ageng Muh Besari, Kabarnya SBY Masih Keturunan Tegalsari Ponorogo

Ibas saat ziarah Makam Kyai Ageng Moh Besari
PONOROGO (kotareyognews.net) - Tegalsari adalah salah satu trmpat wisata religi Ponorogo yang paling terkenal. Sejarah tentang siapa pendiri tegalsari yaitu Kyai Ageng Muhammad Besari dan Pondok pesantren Gebang Tinatar yang melahirkan tokoh banyak tokoh Nasional seperti mosalnya Raden Ngabehi Ronggowarsito seorang Pujangga Jawa yang masyhur tak lepas dari sejarah besar peradaban Islam di Kabupaten Ponorogo.

Itulah sebabnya, Masjid Tegalsari dan makam Kyai Ageng Mohammad Besari menjadi salah satu tujuan wisatawan religi di wilayah Jawa Timur. Bahkan sebagian tokoh di Jawa Tengah terlihat banyak sekali yang datang ke Masjid Tegalsari dan makam Kyai Ageng Mohammmad Besari untuk berziarah. Yang lebih menarik lagi, setiap malam jum'at, masjid tegalsari ini selalu dipenuhi wisatawan religi dari lokal kabupaten Ponorogo.

Hal itulah yang mungkin menjadi dasar anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab disapa Ibas, tertarik untuk datang pada, Kamis (11/08/2016) lalu, ditempat yang setiap malam ganjil di bulan Ramadhan dibanjiri ribuan jamaah sholat lailatul qadar ini.

Ibas bersama Kyai, Syamsudin, Takmir, Muspika
dan Pengurus Yayasan Kyai Ageng Muh Besari
Namun salah satu tokoh di Tegalsari pernah berkata kepada kotareyognews.net, bahwa sesungguhnya mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah salah satu keturunan dari Tegalsari yang ada di Pondok Termas Pacitan.

Terlepas dari itu semua, yang jelas kunjungan Putra bungsu mantan Presiden RI ke - 6 ini merupakan lawatanya sebagai DPR RI komisi X yang membidangi pariwisata. Setelah sebelumnya, Ibas juga melakukan serap aspirasi dan sosialisasi RUU Seni dan Kebudayaan di Balai Desa Gelang kulon, Kecamatan Sampung, dan SMAN 1 Kecamatan Kauman, Sumoroto.

Sementara, dalam kunjungan anggota  DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono di Masjid Tegalsari ini, dia menyempatkan diri sowan bersilaturahmi dengan ulama dan Kyai di Masjid Agung Tegalsari. Dia juga nyekar di makam Kyai Ageng Muhammad Besari dan mengunjungi dalem Agung Mbah Ageng Muh. Besari.

"Hari ini kita datang ke Masjid Tegalsari dan Makam Kyai Ageng Muhammad Besari ini merupakan bentuk kepedulian dan dukungan kami terhadap wisata religi yang ada di Desa Tegalsari, Kecamatan Jetis ini," terang Ibas.

Ibas bersama tokoh Tegalsari mampir di Mushola
Yang konon tempat ini adalah lokasi penggemblengan
Ki  Ronggowarsito
Lebih lanju Ibas yang menjadi nggota komisi X DPR RI ini menyampaikan bahwa pihaknya tidak hanya berfokus pada wisata yang beskala Nasional saja, namun potensi wisata lokal dan bahkan yang ada di desa juga menjadi perhatianya.

"Alhamdulillah di lokasi wisata religi Tegalsari ini pengunjungnya setiap hari semakin meningkat. Ini menunjukkan bahwa peninggalan tokoh besar pengembang agama Islam di Ponorogo ini manfaatnya bisa dirasakan oleh warga Ponorogo sampai saat ini. Kami berharap hal ini juga bisa membantu meningkaykan perekonomian bagi masyarakat sekitar," paparnya.

Sementara, dalam kunjunganya di Tegalsari kecamatan Jetis ini, selain melakukan silaturahmi dengan para ulama dan kyai dan nyekar di makam Kyai Ageng Muhammmad Besari, Ibas juga menyempatkan diri bersama rombongan untuk menjalankan sholat Ashar berjamaah di Masjod Tegalsari. Tak hanya itu, pada kesempatan tersebut Ibas juga menyerahkan bantuan Al Quran di Masjid bersejarah tersebut. (warok)