Kupuk Bungkal, Semakin Menunjukkan Jati Dirinya Sebagai Desa Wisata Di Ponorogo

PONOROGO (kotareyognews.net) - Desa Kupuk, merupakan Desa yang memiliki sejuta impian. Bahkan impian itu saat ini semakin nyata dan telah ada di depan mata. Impia  sebagai Desa Wisata, telah terwujud dengan didukung proaktif seluruh elemen masyarakat dan loyalitas seorang pemimpin menjadikan Desa Kupuk yang sekarang, beda dengan Desa Kupuk yang dulu.

Masyarakat di desa ini tampak lebih hidup, seluruh kesenian juga hidup, apalagi gotong - royong warga yang tambah hari justru tambah baik. Bahkan baru - baru ini, Desa Kupuk yang sudah melakukan reinkarnasi menjadi Desa Wisata ini telah mendapatka kepercayaak oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo menjadi duta dalam lomba Desa tingkat Provinsi. Prestasi inilah yang juga menjadi salah satu motifasi warga disana, karena tekat yang bulat serta kemauan yang kuat untum menjadiakan Kupuk yang lebih hebat.

Salah satu ciri khas desa kupuk adalah kekompakan, inilah sebetulnya rahasia dan modal dasar yang dimiliki Desa yang dipimpin Kades Agus Setyono, S. Pd ini. Semua bisa dibuktika dalam agenda rutin Tahuna Grebeg Selo (Bersih Desa) setiap tahunya. Berbagai sensasi selalu bermunculan dari even tahunan Grebeg Selo Desa Kupuk.

Seperti tahun ini, kegiatan Grebeg Seo atau Bersi Desa akan ada kejutan bagi para pengunjung dan penonton yang hadir mulai dari pesta rakyat bertabur hadiah, pawai budaya ala warga Desa Kupuk, dan berbagai kegiatan lainya yang bersifat religi dan hiburan.

Berikut, Jadwal kegiatan dalam rangka Pesta Rakyat
Bersih Desa  atau Grebeg Sela Desa Kupuk tahun 2016. Kegiatan akan diawali dengan:

Pawai Karnaval dan Kirab budaya keliling desa yang Start dan Finish di Lapangan Desa Kupuk pada  Minggu, 28 Agustus 2016 sekitar Pukul 13.00 WIB. Dalam kegiatan ini masyorakat Kupuk akan mengekspresikan dirlnya, yang dialnjutkan malam harinya ada kegiatan nonton bareng bersama Adira Lresent di Lapangan Desa Kupuk.

Dipastikan, dalam kegiantan nonton bareng pada Minggu malam sekitar pukul 19.30 WIB ini bakal bertabur doorprize persembahar dari ADIRA Finance.

Dialnjutakn pada Senin, 29 Agustus 2016 Pukul 13.00 WIB, di lapangan Kupuk bakal digelar parade budaya dan kesenian yamg akan menampilkan puluhan Seni Reyog Dewasa, Reyog Mini, Seni Gajah dan Seni Unta.

Dilanjutkan malam harinya dengan Night Festival Seni jaranan Tek Turonggo Wulung di lapangan Desa Kupuk. Dan acara ini akan sangat menarik karena penampilan Jaranan Thek Turonggo Wulung akan berkolaborasi dengan Seni Jaranan Banaspati Kediri, Turonggo Wengker, Nogo Pertolo, dan lain - lain.

Puncak dari kegiatan Grebeg Sela desa Kupuk ini akan dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2016 malam. Seni Wayang Kulit bersama dalang Ki Sigit Arianto dari Rembang Jawa Tengah bakal menghibur masyarakat pecinta seni Wayang Kulit. (warok)