Peringatan HUT Ponorogo Tahun Ini Juga Digelar Macapatan di Pendopo

PONOROGO (kotareyognews.net) - Dalam rangka peringatan hari jadi Ponorogo ke - 520, Pemkab Ponorogo juga menggelar kegiatan tetembangan Macapat di pendopo Agung Ponorogo, Rabu (03/08/2016).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh bidang Pelestari Pengembangan Seni dan Budaya Ponorogo dan diikuti oleh seluruh anggota Paguyuban Macapat Sanggar Waringin Ponorogo.

Ketua paguyuban Aji Kusno menyampaikan bahwa pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Ponorogo khususnya Bupati Ponorogo H. Ipong Muchlossoni yang telah memberi kesempatan dalam menggelar kegiatan ritualan Macapatan di Pendopo Agung Ponorogo. Menuju Ponorogo yang lebih maju berbudaya dan relogius merupakan moto Ponorogo. Dan kegiatan ritual Macapat ini sebagian dari wujud melestarikan budaya.

"Semoga, dengan rangkain kegiatan HUT Ponorogo termasuk ritual Macapat malam ini benar -benar menjadi wujud nyata Ponorogo menjadi Kabupaten yang maju, religius, dan berbudaya," ujarnya.

Sementara itu Bupati Ponorogo H. Ipong Muchlissoni mengucapkan terimakasi atas kesediaanya para peserta paguyuban Macapat Ponorogo untuk menggelar kegiatan Macapatan di Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo dalam rangkaian kegiatan HUT Ponorogo ke -520. Pihaknya bersyukur dan bangga karena dalam acara tersebut yang hadir cuku banyak.

"Tahun ini Macapat kita gelar di Pendopo setiap perayaan HUT Ponorogo. Semua demi melestarikan budatya warisan leluhur yang kita ketahui dalam Macapat banyak mengandung pesan yang bagus dari para leluhur kita," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Ipong juga mendapat penghormatan dari paguyuban Macapat Ponorogo, sebagai bupati yang mau melestarikan budaya macapat.

Sementara itu, mengawali acar Macapatan kali ini dilantunkan kending pambuko lir - ilir, yang dilanjutkan puluhan tembang macapat karangan para wali di tanah jawa. (warok)