Pertunjukan Seni Jaranan Desa Kupuk, Sedot Ribuan Penonton Dari Segala Penjuru Ponorogo

PONOROGO - Rangkaian kegiatan dalam rangka Bersih Desa atau Grebeg Selo desa Kupuk kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo malam ini, Senin (29/08/2016) sungguh luar biasa. Pasalnya, pertunjukan seni Jaranan Tek desa Kupuk yang dikemas dalam acara 'Night Festival Seni Jaranan Turonggo Wulung' ini dihadiri ribuan pengunjung dari penjuru kota Reyog Ponorogo.

Pantauan kotareyognews.net, ribuan pengunjung ini rela berdesak - desakan mengelilingi lokasi yang disediakan hanya untuk menyaksikan atraksi pertunjukan seni Jaranan Tek yang digelar di lapangan olehraga Cendana Putra FC desa kupuk.

"Malam ini dalam dalam kegiatan Night Festival Seni Jaranan Turonggo Wulung, kita sajikan pertunjukan kolaborasi Jaranan thek Turonggo Wulung dengan seni jarman Turonggo Wengker, dan Nogo Pertolo," ujar kades Kupuk Agus Setiyono, S. Pd.

Lebih lanjut Agus mengatakan selain berkolaborasi dengan seni Jaranan dari lokal Ponorogo, pada Night Festival kali ini pihaknya juga mendatangkan Seni Jaranan Banaspati dari Kota Kediri.

"Malam ini kita juga datangkan seni Jaranan Banaspati dari Kota Kediri mas. Ini adalah malam spesial dalam rangkain Grebeg Selo desa Kupuk," terang Kades yang baru saja mendapat penghargaan sebagai Kades Kepala Desa berprestasi oleh Gubernur Jatim Suekarwo beberapa minggu lalu.

Diketahui, sebelum pertunjukan seni Jaranan Tek malam ini, pada sore harinya juga digelar parade budaya dan kesenian dengan penampilan seni Reyog dewasa, Reyog mini, seni Gajah dan seni Unta desa Kupuk.

"Alhamdulillah kegiatan malam ini sangat sukses mas, pengunjung membludah memenuhi lapangan desa Kupuk. Dan jangan lupa besuk malam puncak dari Grebeg Seo tahun ini dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Sigit Arianto dari Rembang Jawa Tengah," terang Agus. (warok)