Waduh, Nenek - nenek Ikut Kirab Budaya di Desa Kupuk Ponorogo

PONOROGO - Tontonan lucu di tampilkan oleh Pemuda dukuh Sambirejo Tengah, desa Kupuk kecamatan Bungkal, kabupaten Ponorogo dalam acara Kirab Budaya Grebeg Selo desa setempat pada hari ini, Minggu (28/08/2016).

Mereka, para pemuda Sambirejo tengah ini berdandan menggunakan busana nenek mereka lengkap dengan kebaya dan baju orang tua zaman dulu. Yang lebih kocak lagi, mereka berjalan bak nenek - nenek tua sambil berjoget mengiluti irama musik.Mereka menamakan penampilan tersebut dengan sebutan "Ronggeng".

Sontak saja, aksi ini membuat ribuan penonton yang membanjiri sepanjang jalan desa Kupuk yang dilewati arak - arakan kirab budaya dibikin tertawa terpingkal - pingkal.

"Ini hanyalah kreasi pemuda karang taruna desa kami saja mas, untuk menghibur para pengunjung. Setiap tahun desa Kupuk menggelar kirab Budaya sebagai rangkaian kegiatan Grebeg Selo, kita pasti menyajikan hiburan yang unik," ujar Kades Kupuk Agus Setyono, Spd.

Dalam kegiatan kirab budaya dalam rangka Bersih Desa Kupuk, setiap duku diharuskan menampilkan kreasi mereka. Dan dari kreasi tersebut panitia juga menyediakan hadiah menarik bagi peserta paling kreatif.

"Kita siapkan hadiah bagi peserta kirab terbaik. Ini menjadi motifasi bagi para pemuda deaa kami dan alhamdulillah mereka semiua berlomba - lomba untuk jadi yang terbaik," terang Kades Kupuk Agus Setyono, S. Pd.

Lebih lanjut, Kades yang baru saja mendapat penghargaan sebagai Kepala Desa berprestasi dari Gubernur Jatim Suekarwo ini  mengatakan bahwa tahun in, rangkaian Bersih Desa atau Grebeg Selo desa Kupuk digelar selama tiga hari tiga malam, mulai tanggal 28 - 30 Agustus 2016.

"Seluruh masyarakat mendukung penuh kegiatan tahunan ini. Nanti malam kita akan adakan Nobar, besuk sore penampilan seni Reyog dewasa, Reyog mini, seni Gajah dan seni Onta. Dilanjutkan malamnya seni jaranan turonggo Wulung desa Kupuk berkolaborasi dengan seni jaranan Banaspati dari Kediri, dan puncaknya Selasa malam (30/08) dengan pagelaran Wayang kulit semalam suntuk," terangnya.

Diketahui, Desa Kupuk kecamatan Bungkal merupakan salah satu desa di Ponorogo yang tergabung dalam Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI). Desa di wilayah Ponorogo selatan ini memiliki ragam kesenian yang lengkap. Bahkan sejak tahun lalu, Desa ini sedang menggarap sebuah sendang (danau) yang akan dijadikan destinasi wisata di desa tersebut. (warok)