Wapres JK Hadiri Sujud Syukur dan Buka Secara Resmi Peringatan 90 Tahun PM Gontor Ponorogo

PONOROGO (kotareyognews.net) - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla melakukan kunjungan ke Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) di Desa Gontor, kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Sabtu (10/08).

Kunjungan RI 2 kali ini dalam rangka menghadiri acara Sujud Syukur 90 tahun PM Gontor sekaligus membuka secara resmi rangkaian kegiatan Peringatan 90 tahun Pondok Modern Datussalam Gontor yang rencananya akan digelar selama sebulan penuh.

Kedatangan orang nomor dua di Indonesia ini disambut antusias seluruh santri Pondok Modern Gontor.. Mereka membentuk barisan pagar betis dari siswa kelas 5 KMI sepanjang lebih dari 1 kolometer, hingga rombongan Wapres memasuki Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) guna membuka secara resmi peringayan 90 tahin PM Gontor.

Pimpinan pengasuh PM Gontor K.H. Hasan Abdullah Sahal menyampaikan ungkapan terimakasih atas kehadiran Wapres Jusuf Kalla di PM Gontor. Dia mengatakan bahwa  Wapres JK bukanlah orang asing di PM Gontor, apalagi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang merupakan salah satu alumni Gontor.

Pada kesempatan tersebut Kyai Abdullah Sahal juga menyampaiakan salam kepada Presiden Jokowi. Dia berharap Presiden juga bisa hadir di gontor dalam puncak peringatan 90 tahun PM Gontor.

"Kami atas nama Pimpinan Pondok menyampaikan salam kepada Bapak Presiden dan kami mengundang Pak Presiden untuk hadir pada acara kesukuran pada 19 Sebtember mendatang. Semoga beliau bisa hadir karena beliau adalah satu - satunya Presiden yang belum menyempatkan ke Gontor," harapnya.

Semetara itu Wapres Jusuf Kalla mengatakan bahwa Pondok ini jangan dianggap musium. Nama Pondok Modern harus tampil dinamis karena kalau bukan dinamis adalah bukan Pondok Modern. Dia mengakui bahwa keluarganya sejak dulu sudah mengenal pondok pesantren Gontor.

"Ayah saya tahun 1972 mengatakan bahwa Pondok terbaik di Indonesia adalah Gontor," ujatnya.

Dia berharap Pondok Gontor tidak hanya ilmu agama saja yang diajarkan, namun juga bisa menguasai berbagai keilmuan termasuk tehnologi. Dan dia yakin Gontor pasti bisa melakukan itu karena selalu berfikir berdasarkan rasional.

"Atas nama pemerintah saya sampaikan terimakasih atas kontribusi Gontor kepada bangsa dan Negara ini. Bersama ini saya meresmikan perayaan 90 Pondok Modern Gontor," pungkasnya.(warok)