Warga Ponorogo Bangga, Reyog Bisa Diterima Di Seluruh Kalangan

PONOROGO (kotareyognews.net) - Kabar yang muncul di berbagai media online yang memberi kan informasi bahwa kesenian Reyog Ponorogo bisa diterima diseluruh kalangan dan lapisan masyarakat Indonesia termasuk warga Betawi membuat bangga warga Asli Ponorogo, Jawa Timur. Tak sedikit warga Ponorogo yang mengapresiasi Festival Condet tersebut.

Seperti dilasir di situs hallo.id yang menyatakan bahwa masyarakat Betawi di Condet telah menggelar Festival Condet yang menyuguhkan pertunjukan kebudayaan dan kuliner khas Betawi pada, Minggu (30/7/2016) silam.

Namun dalam perhelatan itu masyarakat Betawi juga menampilkan kesenian asal Ponorogo, Jawa Timur yakni seni tari topeng raksasa yang disebut seni Reyog Ponorogo.

Pada kesempatan itu, Ketua Dewan Pembina Komunitas Reyog Ponorogo (KRP), Suryo Mulyono menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Betawi yang sangat terbuka dan menerima seni budaya daerah lain.

“Itu semua terlihat dari sambutan dan antusias masyarakat Betawi terhadap kesenian Reyog Ponorogo yang talmpil dalam acara tersebut,” kata Siryo, seperti dikutip Hallojakarta.com.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Catur Laswanto juga sangat mengapresiasi pelaksanaan Festival Condet yang digelar di Jalan Raya Condet, Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur yang menampilkan ragam kesenian dan budaya tersebut.

Disisi lain, mendengar kabar tersebut beberapa tokoh pecita dan seniman reyog juga sangat mengapresiasi legiataan tersebut terutama yang telah memberi keaempatan kepada Seni Reyog Ponorogo tampil dalam acara tersebut. Ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia di seluruh Nusantara merasa memiliki kesenian asli Ponorogo tersebut.

"Memang seni reyog bukan hanya milik warga Ponorogo, namun milik kita semua warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Maka dari itu, mari kota lestarikan bidaya kebanggan Bangsa Indonesia yaitu Seni Reyog Ponorogo ini," ujar Mbah Din seorang pandemen seni Reyog asli Ponorogo, Minggu (15/08/2016) kepada kotareyognews.net. (warok)