Akibat Jembatan Sumber Purbosuman Mangkrak, Usaha Rumahan Alami Bangkrut

PONOROGO (kotareyognews.net) - Sedikitnya ada delapan usaha rumahan yang ada di sekitar jembatan Sumber kelurahan Purbosuman, kecamatan/Kabupaten Ponorogo mengalami macet dan kebangkrutan. Bahkan sebagian dari mereka alih profesi menjadi petani di sawah karena pembangunan jembatan yang sudah satu tahun tidak diteruskan.

"Biasanya banyak pengguna jalan yang lewat, usaha kios toko dan usaha kecil lainya juga jalan mas. Tapi sejak setahun ini pendapatan kita semua turun drastis,  bahkan sebagian sudah ada yang alih provesi jadi petani untuk menyambung hidup," ujar Udin bersama para tetangga yang terkena dampak macetnya proyek jembatan Sumber kepada kotareyognews.net, Senin (13/09)

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa delapan pemusaha tersebut diantaranya sebanya 2 (dua) kios milik warga macet,  2 (dua ) bengkel jadi sepu (utara jembatan 1 selatan jembatan 1), dan ada lima usaha warung yang juga sepi pengunjung dan sebagian juga sudah gulung tikar.

"Mereka rata-rata alih profesi mencari penghasilan dengan bekerja apa saja mas. Ya, demi mencukupi kebutuhan hidup. Saya saja terpaksa jadi buruh tani mas," ujar Udin.

Diketahui, jembatan Sumber yang merupakan jembatan di jalur alternatif antara Desa Sekaran - Jalan Terate kelurahan Purbosuman kecamatan/kabupaten Ponorogo ini dibongkar sejak awal agustus 2015 silam. Jembatan yang dibangun sejak tahun 1930 pada masa penjajahan Belanda bermaksut diperbaiki oleh Pemda Ponorogo.

Namun setrlah berjalan selema sekitar setengah tahun, proyek pembangunan jembatan tersebut macet dan tidak diteruskan tanmpa ada yang tahu apa sebabnya. Masyarakat sekitas kecewa dengan langkah pemerintah daerah yamg bekerja tanpa program yang jelas.

"Kami kecewa mas, kalau tidak ada biaya kenapa jembatan dibongkar. Kondisinya juga tidak ambrol. Tapi pemerintah aneh, jembatan dibongkar dengan dalih diperbaiki, tapi ujungnya malah tidak diteruskan," ujar warga sekitar jembatan Sumber yang menyesalkan langkah Pemda Ponorogo.

Lebih lanjut warg berharap, pemerintah untuk segera meneruskan pembangunan jembatan Sumber yang mangkrak tersebut. Semua demi hajat hidup warga di sekitar jembatan. (warok)