Bupati Ipong Ajak Semua Pihak, Sukseskan Grebeg Suro dan Festival Nasional Reyog Ponorogo (FNRP)

PONOROGO (kotareyognews.net) - Pelaksanaan event tahunan Grebeg Suro di Kabupaten Ponorogo diadakan kurang lebih sudah 23 tahun. Event tahunan ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Ponorogo selain Hari raya idul Fitri. Demikian disampaikan Bupati Ipong dalam acara konfrensi Pers di rumah dinas, Jumat sore (23/09).

Sesungguhnya, menurut Ipong, kegiatan Grebeg Suro merupakan wadah dari fornalitas dalam rangka menyambut datangnya tahun baru Islam. Karena dari dulu di Ponorogo telah menjadi kebiasaan atau adat bagi masyarakat, bahwa tiap malam satu suro mereka tirakatan keluar rumah dengan berjalan kaki yang pusatnya, masyarakat berkumpul di alun-alun.

"Bisa dipastikan, sejak dulu masyarakat Ponorogo akan keluar rumah berjalan kaki dan tujuanya ke alun-alun Ponorogo. Dan sejak 23 tahun lalu oleh Bupati Ponorogo Gathot Sumani kala itu, kegiatan masyarakat ini diorganisir menjadi suatu event Grebeg Suro," paparnya.

Menurut Bupati Ipong, dalam kegiatan Grebeg Suro saat itu mulai diadakan Festival Reyog Nasional. Dan ternyata banyak sekali warga Ponorogo yang berada di luar Ponorogo dan luar Pulau Jawa yang memiliki Grup Reyog dan mengikuti Festival Reyog Nasional.

"Dalam rangka mewadahi para seniman reyog Ponorogo inilah saat itu juga mulai digelar Festival Reyog Ponorogo. Mereka pulang tidak hanya sekedar kangen-kangenan dengan keluarga, namun juga ada hal yang positif untuk melestarikan seni Reyog. Dan alhamdulillah peserta Festival terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga jumlah peserta mulai dibatasi karena jika tidak, maka akan pelaksanaan memakan waktu lama," terangnya.

Lebih lanjut Bupati Ipong mengharap kepada semua pihak untuk ikut mensukseskan Event tahunan Kabupaten Ponorogo ini agar berjalan lancar dan sukses.

"Tahun ini kita juga sengaja melibatkan seluruh masyarakat desa yang nanti akan dikoordinasi oleh kepala desa. Kita juga membuat surat edaran ubtuk melibatkan seluruh masyarakat agar ikut memiliki kegiatan Grebeg Suro ini," paparnya. (warok)