Hujan Lebat Ponorogo, Tanggul Sungai Bajang Balong Jebol

PONOROGO (kotareyognews.net) - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Ponorogo pada Selasa (27/09/2016) malam, juga menyebabkan sebuah tanggul di sungai desa Bajan, kecamatan Balong, kabupaten Ponorogo jebol.

Akibatnya, puluhan sawah dan beberapa rumah milik warga terendam air. Kondisi tersebut juga sempat membuat jalur antara Bungkal - Ponorogo jadi terhambat, karena jalan di sekitar perempatan ngasinan juga terendam air setinggi 35 sentimeter.

Menurut Kasubag Humas Polres Ponorogo AKP Harijadi,  banjir yang menerjang wilayah sekitar Bajang Balong, dan melebar ke wilayah desa Karangan dan desa Ngasinan ini terjadi sekitar pukuk 05.00 WIB.

Sungai desa setempat tak dapat menampung tingginya debet air akibat hujan yang cukup deras mengguyur kota Reyog pada malam harinya. Hingga air meluap dari sungai sehingga menjebolkan tanggu sungai setempat.

Sedangkan rumah warga sekitar tanggul yang jebol, air sempat memasuki rumah mereka setinggi mata kaki di dalam rumah.

"Kita tidak bisa tidur di lantai, karena lantai rumah sudah tergenang air," ujar warga setempat.

Menurut warga, kondisi tersebut kemungkinan akan berlanjut jika hujan lebat turun lagi. Hal itu disebabkan karena wilayah desa Bajang adalah daerah langganan banjir karena aliran sungai yang melintasi desa tersebut merupakan hilir dari aliran sungai dari wilayah kecamatan Bungkal dan Ngrayun.

Semetara itu, aggota kepilisisn dari Polsek Balong, Bungkal dan Jetis terus melakukan petroli di wilayah sekitar perempatan Ngasinan yang merupakan perbatasan dari wilayah ketiga kecamatan tersebut.

Tidak ada korban jiwa akibat bajir yang menerjang wilayah desa Bajang. Sedangkan kerugian materi belum bisa di prediksi. Pantauan kotareyognews.net, saat ini air sudah mulai surut dan kondisi akgifitas masyarakat berangsur-angsur mulai normal. (warok)