PONPES Darul Fikri Ponorogo Gelar Pawai Taaruf Peringati HUT RI ke-71

PONOROGO  (kotareyognews.net)– Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT-RI) ke 71 tahun, Pondok Pesantren Darul Fikri Bringin Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo Jawa Timur menggelar Pawai  Ta’aruf, Minggu (28/08).

Pawai  Ta’aruf diikuti oleh semua pengurus keluarga besar Ponpes Darul Fikri, para santri, guru dan ustad – ustadzah.  Iring-iringan pawai taaruf  diikuti 20 kereta mini dan puluhan mobil,  pelepasan rombongan  secara langsung  oleh Pimpinan Ponpes Darul Fikri Ust. Ahmad Juhaini, Lc ,  melewati beberapa kecamatan diantaranya kecamatan Jambon, Balong dan kecamatan Kauman.

Pimpinan Ponpes Darul Fikri Bringin Kauman kepada Kotareyognews.net mengungkapkan, rasa syukur kepada Alloh SWT dimana bangsa Indonesia saat sedang memperingati HUT Kemerdekaannya yang 71 tahun. “Kami dan segenap keluarga besar dan para santri Ponpes Darul Fikri mengadakan pekan pawai ta’aruf, yang diikuti 950 santri, guru 100 orang,” ungkapnya.  Pesan dari pawai taaruf menurut ust. Ahmad Juhaini, Lc untuk meningkatkan dan mempererat  ukhuwah islamiyah antar umat islam.

Ditambahkan, memaknai peringatan hari kemerdekaan RI ke 71 kita katakan  merdeka, sementara Saya mengatakan belum merdeka. “Saya katakan belum merdeka karena masih terjadi adanya kesenjangan social yang belum merata. Kalau memang kita sudah merdeka harusnya bisa mengentaskan masyarakat kita dari kemiskinan. Harapan Saya Indonesia diusianya ke 71 tahun kedepan bisa terus lebih baik,” lanjutnya.

Lebih lanjut  dijelaskan, Ponpes Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo  mempunyai visi untuk mencetak kader dakwah yang berakidah shalihah (benar), tekun beribadah, berakhlakul karimah serta paripurna memadukan iman dan taqwa (imtaq) dan ilmu pengetahuan tehnologi (ipteq).

Selain itu, Ponpes yang dipusatkan di Desa Bringin  itu mempunyai misi, menerapkan pendidikan yang berorientasi pada kecerdasan, intelegensi, kecerdasan emosi, spiritual dan tehnologi. Membina peserta didik menjadi kader dakwah yang berbekal Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman Ahlus Sunnah Wal Jama’ah.

Sementara itu santri asal Nusa Tenggara Barat (NTB) Saiful Haq  mengungkapkan  alasan  Saya mondok di Ponpes Darul Fikri Bringin  mempunyai  tujuan utamanya yakni menempuh pendidikan, dan di pondok  dalam hal pendidikan agama sudah ada dan ditambah  pendidikan umum .

“Saya senang mondok di Darul Fikri, sudah sesuai dengan harapan Saya dalam menempuh pendidikan, seperti dalam hal dakwah yang berakidah shalikhah,  memadukan iman dan taqwa dan ilmu pengetahuan tehnologi,” ucapnya.

Harapan Saya pada kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71 yang dilaksanakan Ponpes Darul Fikri semakin tahun, semakin ditambah,  kedepan juga dilakukan lagi yang lebih ramai dan meriah.

“Selain itu dengan mondok di sini, mudah-mudahan apa yang Saya cita-citakan dalam hal pendidikan agama dan ilmu pengetahuan umum  bisa tercapai dengan lancar dan sukses,” pungkasnya. (warok)