Wujudkan Tata Kelola Desa Lebih Baik, Perangkat Desa Bringinan Study Banding Ke Desa Sumberejo

PONOROGO (kotareyognews.net), - Sebuah terobosan baru bagi pemangku pemerintah desa Bringinan kecamatan Jambon, kabupaten Ponorogo. Demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan tata kelola desa yang lebih baik. Untuk mewujudkan semua itu, Kades beserta seluruh perangkat Desa Bringinan mengadakan kunjungan ke kantor Desa Sumberejo kecamatan Balong untuk menimba ilmu dan menyamakan persepsi, Kamis (22/09/2016).

"Kita sengaja mengadakan kunjungan atau study banding ke Desa Sumberejo karena untuk menimba ilmu atau Ngangsu Kawruh seperti tema kita saat ini. Ini bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintah desa yang baik," terang Kades Bringinan Barno.

Kunjungan tersebut lanjut Barno, sudah digagasnya sejak lama. Dia ingin mengajak seluruh perangkatnya untuk bertukar pengalaman menyamakan persepsi, karena menurutnya Desa Sumberejo merupakan desa yang cukup sukses dalam pembangunan dan tata kelola desanya.

"Sudah lama kami terinspirasi dengan desa Sumberejo dengan kekompakan perangkat desa beserta masyarakatnya. Bahkan Sumberejo bisa dibilang sukses memunculkan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap jalan desa. Sehingga program pembangunan jangka panjang yang dicanangkan oleh pemerintah desa bisa berjalan dengan sukses tampa ada kendala," ujarnya.

Menurut Barno, banyak inspirasi yang dia ambil dari gagasan dari Sumberejo yang dia bawa ke desa Bringinan, termasuk jalan tembus yang telah kita jalankan di desa Bringinan. Bahkan slogan yang dipakai oleh Desa Bringinan "Guyub rukun, ayem tentrem menuju Masyarakat yang Cerdas, Terukur dan terkendali dan Berprestasi"

"Slogan ini kita ambil dari omongan pak kades Sumberejo Pak Mulyadi. Bahkan kita telah kupas bersama warga Bringinan makna dari slogan tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut Barno mengatakan bahwa Itulah sebabnya perangkat desa Bringinan dia ajak mengadakan kunjungan study banding ke desa Sumberejo. Dia beserta seluruh perangakat desanya ingin belajar saling bertukar ilmu dengan peramgkat desa Sumberejo demi terwujudnya tata kelola desa yang lebih baik.

"Kita tidak malu untuk belajar dan menimba ilmu dari desa Sumberejo. Saya telah melakukan survey dari sebanyak 140 balai desa, Sumberejo termasuk tata kelola balai desanya yang paling baik itulah sebabnya kita mengadakan study banding di sumberejo," terangnya.

Sementara itu, Kades Sumberejo Mulyadi, S. Pd menyampaikan selamat datang dan ucapan terimakasih kepada Kades beserta seluruh perangkat Bringinan yang telah hadir di desanya untuk melakukan Study banding. Menurutnya, dalam pemeritahan desa Sumberejo dia hanya berusaha maksimal untuk memaksimalkan seluruh peramgkat desa yang ada sesuai tupoksinya.

"Kuncinya dalam pejabat pemerintah desa harus memperhatikan ranah sosial perlu diperhatikan karena sebaik apapun program kita tanpa ada komunikasi dengan seluruh masyarakat. Dan yang terpenting bagi kita adalah bisa mengambil langkah prioritas dalam pengelolaan desa. Pembangunan itu ibarat makan jajan, meskipun banyak program yang mengalir tapi jalan masih hancur kita pasti dipandang sebelah mata bagi masyarakat. Jadi akses jalan itu prioritaskan dulu," ucapnya.

Lebih lanjut Kades Mulyadi berharap dari pertemuan studi banding kali ini bisa menghasilkan persamaan persepsi dan saling tukar pengalaman yang nanti bisa diaplikasikan di desa kita masing-masing.

Pantauan Media Mataraman, dalam study banding kali ini, tampak perangkat dari kedua desa ini saling duduk bersama bertukar ilmu dan persepsi mereka. (warok)